Sukses


Semifinal Piala Asia U-23 2024: Pengamat asal Malaysia Bilang Timnas Indonesia U-23 Harus Sabar Ladeni Gaya Eropa Milik Uzbekistan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menantang tim kuat, Uzbekistan U-23, pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa Doha Qatar, Senin (29/4/2024) malam mulai pukul 21.00 WIB. Tim Garuda Muda ekstra waspada.

Apalagi Uzbekistan U-23 sama sekali belum tersentuh kekalahan sejak fase penyisihan Grup D hingga perempat final. Lebih luar biasa lagi, dari empat pertandingan sebelumnya, negara pecahan Uni Soviet ini mencatat clean sheet dengan total 12 gol.

Mereka menundukkan Malaysia 3-0, Kuwait 5-0, Vietnam 2-0 di penyisihan grup, dan menjegal Arab Saudi 2-0 di perempatfinal. Rekor ini menjadi alarm kuat bagi Timnas Garuda U-23.

"Ini akan jadi partai yang menarik ditonton. Terutama melihat apa taktik baru yang akan dipakai Shin Tae-yong. Timnas Indonesia U-23 sebagai debutan sangat mengejutkan di ajang ini. Mereka melewati laga-laga berat, sedangkan jalan Uzbekistan relatih mulus-mulus saja," kata Raja Isa Raja Akram Shah.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berkembang

Pengamat asal Malaysia itu memuji mental Rizki Ridho dkk. yang makin tangguh dengan grafik naik saat menghadapi lawan berat sarat tekanan.

"Misi Indonesia ingin lolos langsung ke Olimpiade Paris jadi motivasi besar. Mereka butuh sekali pertandingan melawan Uzbekistan ini. Saya kira spirit pemain Indonesia akan lebih tinggi lagi di lapangan nanti," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Lebih Kreatif

Namun, lanjut Raja Isa, Timnas Indonesia U-23 butuh improvisasi dan kesabaran menghadapi permainan ala Eropa milik Uzbekistan.

"Banyak pemain Uzbekistan main di Eropa. Permainan mereka sangat kental gaya Eropa. Mereka pintar mengatur ritme permainan. Kapan menjaga ball possession, kapan bergerak cepat dalam transisi menyerang dan bertahan. Nah, Indonesia harus sabar meladeninya," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Kelebihan Marselino Ferdinan Cs

Tapi Raja Isa tak meragukan kemampuan pemain Indonesia. "Indonesia sudah mengalahkan Australia yang gayanya mirip Eropa. Begitu juga Korsel dengan kombinasi Asia dan Eropa. Tapi pemain Indonesia unggul dalam kecepatan dan kegesitan," ucapnya.

Mantan pelatih Persipura ini berharap Indonesia tak terpengaruh dengan gaya Uzbekistan. "Indonesia punya segalanya. Menurut saya kali Indonesia harus lebih berani tampil menyerang dengan high pressing seperti lawan Korsel. Cara ini akan bisa mengganggu dan merusak strategi Uzbekistan," paparnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Semifinal Piala Asia U-23 2024

Senin, 29 April 2024

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan
  • Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha
  • Kick-off: 21.00 WIB
  • Live: RCTI
  • Live streaming: Vision+ (https://www.visionplus.id/webclient/#/)
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer