Sukses


Antara Irak atau Guinea: Pilih yang Mana, Timnas Indonesia U-23?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 memang kalah di semifinal Piala Asia U-23. Tim Garuda Muda dikalahkan Timnas Uzbekistan U-23 dengan skor 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Khusayin Norchaev membuka keunggulan Timnas Uzbekistan U-23 pada menit ke-68. Gol bunuh diri bek Timnas Indonesia U-23,Pratama Arhan pada menit ke-86 semakin membuat merana tim asuhan Shin Tae-yong tersebut.

Namun, kekalahan itu masih belum menutup peluang Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Masih ada dua jalan yang bisa ditempuh oleh Muhammad Ferarri dan kawan-kawan.

Jalur pertama adalah dengan menempati posisi ketiga Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia U-23 harus menghadapi tantangan dari Timnas Irak U-23, Kamis (2/5/2025).

Adapun jalur kedua adalah dengan menjalani laga play-off interkontinental melawan wakil dari Afrika, Timnas Guinea U-23. Laga ini harus dijalani Timnas Indonesia U-23 jika mereka kalah dari Timnas Irak U-23.

Bola.com mengajak pembaca untuk sedikit mengenal dua tim tersebut. Siapa yang paling berbahaya di antara keduanya?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Timnas Irak U-23: Lawan yang Familiar

Timnas Indonesia kerap berjodoh dengan Timnas Irak, terutama dalam setahun terakhir. Ada tiga level timnas keduanya yang harus bertemu.

Yakni di ajang Piala Asia U-20 2023, Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala Asia 2023, dan Piala Asia U-23 2024. Hasilnya memang tidak terlalu baik.

Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur lebih sering kalah ketika berhadapan dengan Irak. Namun, paling tidak Shin Tae-yong sudah sangat mengenal karakter Irak.

Apalagi skuad Timnas Irak U-23 saat ini juga menggunakan beberapa pemain yang tampil di Piala Asia 2023.

3 dari 4 halaman

Timnas Guinea U-23: Bertabur Pemain Eropa

Timnas Guinea U-23 merupakan penghuni peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023. Saat itu mereka hanya kalah adu tendangan penalti dari Timnas Mali U-23.

Timnas Guinea U-23 bukanlah lawan yang akan mudah untuk dihadapi Timnas Indonesia U-23. Tim asuhan Charles Paquille itu memiliki banyak pemain yang berlaga di Eropa.

Misalnya Selu Diallo (Deportivo Alaves), Mohamed Soumah (KAA Gent), Aglassime Bah (Olympiacos), Madiou Keita (AJ Auxerre).

Bahkan, Aglassime Bah tampil hebat bersama Olympiacos pada musim ini. Penyerang berusia 21 tahun itu mampu mencetak 11 gol dan dua assist untuk klub asal Yunani di musim ini. 

4 dari 4 halaman

Percaya Diri

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masih percaya diri dengan peluang tim asuhannya menembus Olimpiade 2024 Paris. Shin akan menyiapkan timnya dengan sebaik mungkin untuk menghadapi Timnas Irak U-23.

"Kami masih punya kesempatan ke Olimpiade, kami akan melakukan maksimal untuk itu," tegas Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer