Sukses


Noda Hitam Wasit FIFA Shen Yinhao, Wakil Dekan Universitas Tongji: Dilaporkan karena Plagiat Tesis oleh Suporter Klub China

Bola.com, Doha - Noda hitam Shen Yinhao terkuak. Wasit yang merugikan Timnas Indonesia U-23 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 itu pernah tersangkut dugaan plagiarisme tesis pada 2020.

Media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP), mengabarkanShen Yinhao dilaporkan oleh suporter Shandong Luneng setelah kepemimpinan yang dinilai tidak adil sewaktu melawan Beijing Guoan.

Ketika itu, Shandong Luneng, yang kini bernama Shandong Taishan, bermain imbang 2-2 kontra Beijing Guoan dalam perempat final Championship Liga China pada 17 Oktober 2020.

Shen Yinhao memberikan tendangan penalti untuk Beijing Guoan, yang diklaim para pemain Shandong Luneng bukanlah pelanggaran yang membuat kedudukan menjadi 2-1.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pendukung Ambil Jalan yang Berbeda

Selain itu, para pemain Shandong Luneng juga protes ketika Shen Yinhao mengesahkan gol penyama penyeimbang keadaan Beijing Guoan yang disebut diawali dengan pelanggaran.

"Dalam kasus tersebut, Shandong Luneng mendesak Shen Yinhao untuk melihat video tayangan ulang di pinggir lapangan, tetapi dia mengabaikannya," tulis SCMP pada 21 Oktober 2020.

Meski Shandong Luneng telah melaporkan Shen Yinhao kepada Federasi Sepak Bola China (CFA), namun pendukungnya mengambil jalan yang berbeda.

3 dari 4 halaman

Tesisnya Dicari

Para penggemar Shandong Luneng mencari tesis Shen Yinhao untuk kursus gelar master. Akibat kasus itu, sang wasit terpaksa rehat dari Liga China untuk sementara waktu.

Shen Yinhao kembali ke Universitas Tongji, Shanghai, yang notabene adalah almameternya, untuk membela diri terhadap tuduhan plagiarisme.

Shen Yinhao dinarasikan sebagai Wakil Dekan Akademi Sepak Bola Universitas Tongji, dan juga telah menjadi wasit FIFA sejak 2018.

4 dari 4 halaman

Temuan Suporter

Laporan dari hak siar Liga China, PP Sports, yang dikutip SCMP menjelaskan bahwa suporter Shandong Luneng menemukan artikel "Penelitian tentang Penyebab dan Penanggulangan Tekanan Psikologis Wasit Sepak Bola Mahasiswa" yang terbit di jurnal Sports Fashion pada 2017.

"Diduga menjiplak artikel Lu Yunfei pada 2012 terkait 'Penelitian Wasit Sepak Bola Universitas tentang Penyebab dan Upaya Penanggulangan Demam Panggung'. Kemudian terungkap bahwa tesis master Shen Yinhao juga dicurigai melakukan plagiarisme," tulis PP Sports via SCMP.

Sementara itu, keputusan Shen Yinhao beberapa kali merugikan Timnas Indonesia U-23 yang berujung kekalahan 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Sumber: South China Morning Post, PP Sports

Video Populer

Foto Populer