Sukses


Timnas Indonesia U-23 Bisa Panggil Elkan Baggott Plus 3 Pemain Senior jika ke Olimpiade: Gas Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia U-23 bisa memanggil Elkan Baggott plus tiga pemain senior jika lolos ke Olimpiade Paris 2024. Siapa saja yang berpeluang?

Timnas Indonesia U-23 masih mempunyai dua cara untuk melaju ke Olimpiade Paris pada 26 Juli-11 Agustus 2024. Pertama, merebut tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Untuk itu, Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan Timnas Irak U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis (2/5/2024).

Jika terwujud, maka Timnas Indonesia U-23 akan masuk Grup B Olimpiade Paris. Tim berjulukan Garuda Muda itu bakal menghadapi Timnas Argentina U-23, Timnas Maroko U-23, dan Timnas Ukraina U-23.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Play-off Antarkonfederasi

Namun, bila sebaliknya, maka Timnas Indonesia U-23 akan melalui babak play-off antarkonfederasi dengan wakil Afrika, Timnas Guinea U-23.

Garuda Muda sudah ditunggu tuan rumah Timnas Prancis U-23, Timnas Amerika Serikat U-23, dan Timnas Selandia Baru U-23 di Grup A Olimpiade Paris.

Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi ranking ketiga Piala Afrika U-23 2023 tersebut di Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei 2024.

3 dari 5 halaman

22 Pemain U-23 Termasuk 3 Senior

Dalam regulasi cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Olimpiade 2024 yang diterbitkan FIFA, setiap peserta diperbolehkan mendaftarkan 22 pemain U-23, termasuk tiga nama senior.

Batas usia pemain U-23 di Olimpiade Paris adalah kelahiran 1 Januari 2001. Maka, para personel Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 masih bisa bermain di pesta olahraga multicabor tersebut.

Lantas, siapa tiga pemain senior yang pantas memperkuat Timnas Indonesia U-23 andai melenggang ke Olimpiade Paris? Jata itu bisa diberikan kepada personel abroad atau yang berkarier di luar negeri.

4 dari 5 halaman

Elkan Baggott Berpeluang Comeback

Nama-nama seperti Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen layak untuk masuk skuad Garuda Muda di Olimpiade Paris. Namun, karena kebutuhan wingback kanan, Sandy Walsh juga perlu dipertimbangkan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masih belum menenukan figur yang tepat untuk posisi itu. Arsitek asal Korea Selatan ini kerap memasang Rio Fahmi dan Fajar Fathur Rahman secara bergantian.

Selain itu, jika tidak dalam kondisi cedera seperti yang memasanya absen di Piala Asia U-23, Elkan Baggott berpeluang mengunci satu tempat di lini belakang Timnas Indonesia U-23 untuk Olimpiade Paris.

5 dari 5 halaman

Dipadukan dengan Tulang Punggung yang Sudah Ada

Olimpiade Paris berlangsung ketika kompetisi di Eropa tengah libur dan statusnya masuk kalender FIFA sehingga klub-klub, termasuk pemilik Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen wajib melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Nama-nama di atas dapat dipadukan dengan beberapa pemain yang telah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-23 seperti Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Rizky Ridho, Ivar Jenner, Rafael Struick, Ernando Ari Sutaryadi, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, hingga Witan Sulaeman.

Video Populer

Foto Populer