Sukses


4 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Harus Langsung Siap Hadapi Championship Series BRI Liga 1: Enggak Sempat Istirahat

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 membuat kejutan dengan melangkah hingga ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Bahkan Tim Garuda Muda masih bermain di perebutan peringkat ketiga yang digelar Kamis (2/5/2025). Beberapa pemain nantinya tidak bisa langsung beristirahat karena sudah ditunggu klubnya untuk berlaga di championship series BRI Liga 1 2023/2024.

Timnas Indonesia U-23 baru saja kalah 0-2 dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024). Meski sudah kalah, Tim Garuda Muda tidak akan langsung pulang ke Tanah Air.

Timnas Indonesia U-23 masih akan menjalani pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak pada Kamis (30/4/2024). Setelah pertandingan itu, baru skuad Garuda Muda kembali ke Tanah Air.

Sayangnya, beberapa di antara mereka tidak akan punya waktu untuk beristirahat. Ketika kembali ke klub masing-masing, ada beberapa yang akan memperkuat klubnya berlaga di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Ada empat pemain Borneo FC yang kini berstatus menyelesaikan musim reguler BRI Liga 1 2023/2024 sebagai pemuncak klasemen. Keempat pemain itu adalah Daffa Fasya, Fajar Fathur Rochman, Komang Teguh, dan Ikhsanul Zikrak.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cuma Borneo FC

Selain keempat pemain tersebut, tidak ada lagi pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di championship series. Persib Bandung, Bali United, dan Madura United tidak menyumbangkan pemain di Timnas Indonesia U-23 yang tampil di Piala Asia U-23 2024.

Ini sekaligus menegaskan jika Borneo FC jadi tim paling sukses saat ini. Tidak sekadar dari segi presasi, tapi juga dari pembinaan pemain. Mereka memiliki empat pemain muda yang berhasil menembus tim yang saat ini menorehkan sejarah.

Lalu apakah mereka bakal bisa tampil dalam kondisi segar ketika membela Borneo FC di championship series? Apalagi laga leg pertama semifinal digelar pada Minggu (5/5/2024), tiga hari setelah Timnas Indonesia U-23 menjalani perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

3 dari 4 halaman

Hanya Satu Pemain Inti

Kekuatan Borneo FC sepertinya tidak terlalu terpengaruh meski empat pemainnya harus diistirahatkan ketika championship series. Hanya ada satu pemain yang biasa masuk skuad inti tim berjulukan Pesut Etam itu, yaitu Fajar Fathur Rachman.

Sementara Komang Teguh, Ikhsanul Zikrak, dan Daffa Fasya bukanlah pilihan utama. Mereka jarang mendapatkan peluang bermain di Borneo FC, hal serupa yang terjadi di Timnas Indonesia U-23.

Fajar kini sering menjadi starter, sementara Komang beberapa kali menjadi pilihan utama. Sementara Ikhsan dan Daffa tidak pernah turun sejak menit awal.

Jadi para pemain tersebut sepertinya tidak akan butuh waktu lama untuk istirahat. Mereka hanya butuh memulihkan kondisi setelah perjalanan pulang dari Qatar ke Indonesia. Jika tanpa transit, mereka harus menempuh perjalanan 8,5 jam untuk tiba di Tanah Air.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer