Sukses


Gubrak! Dari Sekian Banyak Wasit, AFC Tunjuk Lagi Sivakorn P-Udon Jagain VAR Timnas Indonesia U-23 Vs Irak!

Bola.com, Jakarta Gawat! Laga Timnas Indonesia U-23 versus Irak U-23 dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 masih akan melibatkan wasit Sivakorn Pu-Udom.

Wasit asal Thailand ini juga bertugas di balik ruang VAR dalam pertandingan yang akan digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (2/4/2024) dini hari WIB.

Sivakorn Pu-Udom sedang menjadi 'buron' warga Indonesia setelah dua kali bertugas memimpin ruang VAR, ketika skuad Garuda Muda melawan Qatar dan Uzbekistan di semifinal.

Kemarahan fans Timnas Indonesia sudah meredup setelah Rafael Struick dkk. kalah 0-2 dari Qatar di laga fase grup. Banyak sekali keputusan kontroversial dari ruang VAR.

Emosi warga Indonesia memuncak ketika lagi-lagi, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan beberapa keputusan kontroversial dari ruang VAR.

Nah, siap-siap, karena Sivakorn akan bertugas lagi di balik layar VAR duel Timnas Indonesia U-23 Vs Irak besok. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Official yang Bertugas

RE: Vladislav Tseytlin (Uzbekistan)

Wasit: Majed Al-Shamrani (Arab Saudi)

Asisten wasit 1: Hesham Al-Refaei (Arab Saudi)

Asisten wasit 2: Omar Al Jammal (Arab Saudi)

FO: Hanna Hattab (Suriah)

RAR: Mohammad Kazzas (Suriah)

VAR: Abdullah Dhafer Al Shehri (Arab Saudi)

AVAR: Sivakorn Pu-Udom (Thailand)

 

3 dari 5 halaman

Kontroversi

Timnas Indonesia U-23 bentrok dengan Uzbekistan U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Tim Garuda tampil di bawah tekanan sejak menit awal.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 mampu beberapa kali melakukan serangan balik yang membuat lini pertahanan Uzbekistan kewalahan. Bahkan, Muhammad Ferarri berhasil menjebol gawang Uzbekistan pada menit ke-61.

Bola hasil tendangan Muhammad Ferarri menghujam deras gawang Uzbekistan. Namun, wasit Shen Yinhao mendapatkan laporan dari wasit VAR, Sivakorn Pu-udom, untuk mengecek video assistant referee (VAR).

Dari tayangan ulang, Shen menyimpulkan sebelum bola disambar Ferarri, penyerang Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta, lebih dulu dianggap offside. Alhasil, gol tersebut dianulir wasit.

4 dari 5 halaman

Kontroversial

Timnas Indonesia U-23 lagi-lagi digembosi wasit pada Piala Asia U-23 2024. Setelah sebelumnya pada laga perdana Grup A kontra Qatar, situasi hampir serupa terjadi dalam duel melawan Uzbekistan.

Wasit asal China, Shen Yinhao, yang memimpin jalannya pertandingan beberapa kali mengambil keputusan kontroversial. Pertama adalah tidak memberikan penalti kepada Timnas Indonesia U-23, setelah Witan Sulaeman dilanggar di kotak terlarang pada menit ke-31.

Padahal dari tayangan ulang VAR, Witan benar-benar dilanggar pemain belakang Uzbekistan, Abdukodir Khusanov. Selanjutnya yakni gol Muhammad Ferarri pada menit ke-61 yang dianulir VAR akibat offside.

Kemudian kartu merah Rizky Ridho menit ke-84 dan juga memberikan kartu kuning kepada pelatih Shin Tae-yong.

 

5 dari 5 halaman

Hubner Sampai Emosi

Bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner, emosi kepada wasit Shen Yinhao asal China. Pemain berusia 20 tahun itu melampiaskannya lewat stories akun Instagramnya, @justinhubner5, pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

"Kami memang bermain buruk hari ini. Tapi, orang ini," tulis Justin Hubner disertai dengan emotikon menahan kemarahan.

Timnas Indonesia U-23 sempat di atas angin ketika Muhammad Ferarri mencetak gol ke gawang Timnas Uzbekistan U-23. Namun, mental tim berjulukan Garuda Muda itu ambruk setelah wasit Shen Yinhao menganulirnya.

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya mampu unggul lebih dulu atas Uzbekistan U-23 dalam babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Video Populer

Foto Populer