Sukses


Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Pasang Target Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang kelahiran Belanda, Maarten Paes, langsung menyampaikan target yang ambisius setelah dinyatakan secara resmi sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa (30/4/2024).

Maarten Paes telah resmi jadi WNI setelah melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta. Prosesi ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil, R. Andika Dwi Prasetya.

Bagi Maarten Paes, ini adalah momen yang sudah dinantikannya. Dia merasa sangat gembira akhirnya bisa menyandang status sebagai WNI. Pemain berusia 25 tahun itu sudah tak sabar untuk segera mengukir debut bersama Timnas Indonesia.

“Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar yang bersejarah bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia. Saya sangat bangga dan tidak sabar untuk bisa mulai bermain bersama Timnas Indonesia,” kata Maarten Paes dikutip dari situs resmi PSSI.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pasang Target Tinggi

Penjaga gawang yang kini berkarier di kasta tertinggi Liga Amerika Serikat alias Major League Soccer (MLS) bersama FC Dallas itu langsung memasang target yang ambisius bersama Timnas Indonesia.

Paes menuturkan, dia ingin membantu tim asuhan Shin Tae-yong lolos dari babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, menurutnya, Timnas Indonesia layak berpartisipasi di kejuaraan bergengsi ini.

“Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saya rasa, bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia dan itu menjadi target utama saya,” ujar Maarten Paes.

“Saya ingin bermain sebanyak mungkin, agar memberikan dampak bagi Timnas di dalam dan luar lapangan. Karena saya juga ingin menjadi contoh bagi generasi yang lebih muda,” ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Fanatisme Penggemar di Indonesia

Bekas kiper FC Utrecht itu merasa sangat terpukau dengan fanatisme suporter sepak bola di Indonesia. Hal itu setidaknya bisa diamati Paes dari penampilan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Di kejuaraan itu, skuad Garuda Muda menjadi salah satu kontestan yang mendapatkan dukungan penuh dari suporternya setiap berlaga. Menurut Paes, fenomena ini sangat spesial bagi calon pemain Timnas sepertinya.

“Para penggemar di Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal yang saya tahu dan mereka adalah orang-orang yang penuh dengan semangat,” ujar Maarten Paes.

“Bisa dilihat pada Piala Asia U-23 2024 saat ini bagaimana mereka memberikan dukungan kepada Timnas U-23, bahkan hingga di luar stadion,” pemain berpostur 192 cm itu menambahkan.

Video Populer

Foto Populer