Sukses


Menebak Komposisi Lini Belakang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Piala Asia U-23, Siapa Gantikan Peran Rizky Ridho?

Bola.com, Jakarta - Lini belakang Timnas Indonesia U-23 bakal tereduksi dengan absennya Rizky Ridho saat bersua Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Sang pemain harus absen lantaran mendapat kartu merah dalam laga kontra Uzbekistan di semifinal.

Timnas Indonesia U-23 baru saja kalah dari Uzbekistan 0-2 di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Pasuka Shin Tae-yong masih akan tampil di laga perebutan peringkat ketiga yang juga menjadi ajang perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024).

Tim Garuda Muda harus kehilangan pemain penting di lini pertahanannya. Pemain yang dimaksud adalah Rizky Ridho, stoper sekaligus kapten Timnas Indonesia U-23.

Pemain Persija Jakarta itu dipastikan absen karena kartu merah yang diterimanya ketika menghadapi Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23. Rizky Ridho dianggap melanggar keras pemain Uzbekistan di mana kaki kanannya masuk ke area pangkal paha pemain lawan saat melakukan clearance bola.

Sejauh ini, Rizky Ridho selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di lini pertahanan Timnas Indonesia, tak terkecuali di Piala Asia U-23 2024 ini. Lalu ketika Rizky Ridho harus absen, siapa yang akan menggantikan posisinya di lini pertahanan Timnas Indonesia U-23?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Komang Teguh Jadi Opsi

Nama Komang Teguh bisa menjadi solusi di tengah kebuntuan Timnas Indonesia U-23. Ketika dimainkan sebagai starter ketika melawan Australia, Komang Teguh menjadi pembeda yang membawa Tim Garuda Muda menang.

Saat menghadapi Yordania, Komang Teguh masuk sebagai pemain pengganti dan turut serta mencetak salah satu dari empat gol kemenangan Tim Garuda Muda.

Hanya saat menghadapi Korea Selatan, Komang Teguh dianggap melakukan gol bunuh diri karena mengubah arah bola hingga masuk ke dalam gawang yang dikawal Ernando Ari.

Komang Teguh tercatat menjadi starter dalam dua pertandingan di Piala Asia U-23 2024. Artinya, dia punya kapabilitas yang cukup baik untuk menggantikan peran Rizky Ridho di area pertahanan Tim Garuda Muda.

3 dari 6 halaman

Nathan Bisa Bantu Pertahanan

Kembalinya Nathan Tjoe-A-on ke Timnas Indonesia U-23 setelah sempat pulang ke klubnya, Heerenveen, memang krusial. Pemain yang diplot menjadi gelandang Tim Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 ini sebenarnya adalah seorang bek tengah.

Saat membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Nathan diplot sebagai bek tengah. Namun, pemain yang satu ini memang punya kemampuan bermain beberapa posisi berbeda.

Hal itu yang membuatnya diplot menjadi gelandang oleh Shin Tae-yong sepanjang Piala Asia U-23 2024. Namun, dengan absennya Rizky Ridho, pelatih asal Korea Selatan itu bisa mempercayakan kembali Nathan ke pusat pertahanan tim.

4 dari 6 halaman

Ganti Formasi dengan 4 Bek?

Sepanjang turnamen Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong menerapkan formasi 3-4-3, menggunakan tiga stoper dengan dua bek sayap yang berposisi lebih ke depan.

Namun, selain punya opsi memainkan Komang Putra atau Nathan Tjoe A-on sebagai pengganti Rizky Ridho, Shin Tae-yong juga bisa mengubah skema formasi menjadi empat bek seperti ketika menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Perubahan itu membuat Shin Tae-yong bisa hanya memainkan Justin Hubner dengan Muhammad Ferarri atau Komang Putra di pusat pertahanan, dan ditemani oleh Pratama Arhan dan Rio Fahmi atau Fajar Fathur Rahman di sisi sayap pertahanan.

Dengan begitu, Nathan Tjoe A-on tetap bisa diplot oleh Shin Tae-yong menjadi gelandang bertahan bersama Ivar Jenner dalam formasi baru 4-2-3-1.

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Justin Huber; Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

Kamis, 2 Mei 2024

  • Irak Vs Timnas Indonesia U-23
  • Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha
  • Kick-off: 22.30 WIB
  • Live streaming: Vision+
  • Link live streaming: https://www.visionplus.id/webclient/#/

Video Populer

Foto Populer