Sukses


Timnas Indonesia U-23 Mau Libas Irak U-23? Harus Terapkan 2 Resep Jitu Ini

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas Irak U-23 pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23. Laga ini berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Pemenang laga ini akan otomatis mengantongi tiket Olimpiade 2024 Paris. Sementara tim yang kalah harus menjalani play-off melawan wakil Afrika, Timnas Guinea U-23.

Garuda Muda gagal melaju ke final setelah tumbang 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024). Sedangkan Irak juga kalah dengan skor 0-2 melawan Timnas Jepang U-23.

Meski gagal melaju lebih jauh, Timnas Indonesia U-23 sejauh ini menunjukkan penampilan luar biasa di Piala Asia U-23 edisi kali ini. Berstatus debutan, Garuda Muda sukses membuat kejutan dengan melenggang ke babak empat besar.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perhatikan Kondisi Fisik

Menghadapi Irak, Tim Merah-Putih diyakini mampu melewati adangan wakil Timur Tengah tersebut. Opini ini diungkapkan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu mengatakan kans Garuda Muda memenangi laga nanti cukup besar. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut ada satu hal yang kudu menjadi perhatian skuad Timnas Indonesia U-23. Apa itu?

"Saya kira hanya pemulihan kondisi dalam waktu yang relatif singkat menjadi hal terpenting sehingga Timmas Indonesia U-23 bisa kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya," ujar Erwan kepada Bola.com, Rabu (2/5/2024) pagi.

"Secara fisik memang sedikit mengalami penurunan saat melawan Uzbekistan, mengingat laga panjang penuh drama saat menghadapi Korea Selatan di perempat final," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Rafael Struick Bisa Jadi Kunci

Melawan Irak, Garuda Muda dipastikan kehilangan sang kapten tim, Rizky Ridho. Bek Persija Jakarta itu absen karena mendapatkan skorsing imbas kartu merah yang diterimanya dalam duel melawan Uzbekistan di semifinal.

Kabar baiknya, penyerang andalan Rafael Struick sudah bisa dimainkan pada laga nanti. Pemain ADO Den Haag itu comeback setelah terkena sanksi larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning. Soal absen dan kembalinya pemain, Erwan Hendarwanto memberikan komentarnya.

"Untuk pengganti Rizky Ridho saya kira ada Komang Teguh yang juga sudah beberapa kali diturunkan dan sudah menyumbang dua gol. Kembalinya Rafael Struick juga akan menjadi kunci kembalinya permainan terbaik Timnas," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Percaya Diri dan Mentalitas

Yang tak kalah penting, kata Erwan, fighting spirit dan rasa percaya diri harus kembali diperlihatkan para pemain. Mentalitas pemenang seperti yang mereka tunjukkan ketika menumbangkan tim kuat Korea Selatan.

"Saya rasa kepercayaan diri dan mentalitas pemenang harus dibangkitkan lagi untuk pertandingan melawan Irak supaya tiket lolos otomatis ke Olimpiade bisa didapatkan," tutur Erwan Hendarwanto.

"Pemulihan kondisi kebugaran fisik dan mental sangat penting untuk menghadapi Irak, sehingga semangat juang kembali dalam performa terbaik Timnas kita," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer