Sukses


Dua Pekan yang Menghebohkan bagi Publik Olahraga Indonesia: Sepak Bola Bikin Kaget, Tim Bulu Tangkis Luar Biasa!

Bola.com, Jakarta - Dua cabang olahraga Indonesia, sepak bola dan bulu tangkis menunjukkan tajinya baru-baru ini. Kedua cabor ini berhasil menyita perhatian dengan pencapaian mentereng yang dilakoni.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong mencatatkan hasil bersejarah di ajang Piala Asia U-23 2024 Qatar. Sementara cabang bulu tangkis Indonesia juga ikut mengharumkan merah-putih pada ajang Thomas Cup dan Uber Cup 2024 di China.

Jika tim sepak bola di bawah usia 23 tahun Indonesia untuk pertama kalinya mencatat sejarah dalam keikutsertaannya di Piala Asia U-23, tim bulu tangkiis juga hampir saja mengawinkan gelar Thomas dan Uber Cup seperti pada 26 tahun yang lalu.

Yuk simak fakta menariknya yang diulas Bola.com berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sinar Terang Garuda Muda

Timnas Indonesia U-23 adalah pendatang baru di ajang Piala Asia U-23 2024. Pasukan Shin Tae-yong untuk pertama kalinya sepanjang sejarah ikut serta dalam turnamen ini sejak dimulai 15 April 2024.

Siapa sangka, perjalanan Timnas Indonesia U-23 justru terlalu jauh dari target yang dicanangkan. Bisa finish sebagai peringkat keempat dari target lolos ke perempat final jelas menjadi pencapaian yang bukan ecek-ecek.

Diawali dari kekalahan 0-2 melawan tuan rumah Qatar, Timnas Indonesia U-23 menggasak Australia (1-0), Yordania (4-1). Laju Rafael Struick dkk. tak terbendung dengan menjungkalkan macan Asia, Korea Selatan dalam drama adu penalti (11=10).

Laju Timnas Indonesia U-23 terhenti di tangan Uzbekistan 0-2 pada babak semifinal, dan kembali kalah 1-2 dari Irak untuk memperebutkan peringkat ketiga. Indonesia akan bertemu Guinea untuk merebut tiket play-off ke Olimpiade 2024.

3 dari 4 halaman

Bikin Korsel Kejang-Kejang

Para duta olahraga Indonesia sepertinya menjadi mimpi buruk Korea Selatan dalam beberapa hari terakhir. Dalam delapan hari terakhir, Indonesia berhasil mempermalukan ranah olahraga mereka.

Pada perempat final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan lewat drama adu penalti di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Kemenangan itu dirasa cukup spesial. Sebab, tim asuhan Shin Tae-yong menyingkirkan Timnas Korea Selatan U-23 yang merupakan salah satu raksasa sepak bola Asia.

Begitu juga dari bulu tangkis, Indonesia berhasil melenggang ke final Piala Uber 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan 3-2 di semifinal. Hasil tersebut membuat Indonesia untuk pertama kalinya menembus partai final, setelah terakhir kali terjadi pada 2008 atau 16 tahun silam.

4 dari 4 halaman

Bulu Tangkis Tak Kalah Hebat

Jika sepak bola kita mencuri perhatian di ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar, tim bulu tangkis merah-putih juga membuat heboh di China.

Tim bulutangkis Indonesia untuk kali pertama dalam 26 tahun terakhir berhasil melangkah ke final Piala Thomas dan Piala Uber. Namun, untuk mengawinkan gelar juara Piala Thomas dan Uber 2024, Indonesia harus menghadapi raja terakhir, China.

Tim bulutangkis putri Indonesia berhasil menyegel tempat di final Piala Uber 2024 setelah meraih kemenangan 3-2 atas Korea Selatan di laga semifinal, Sabtu (4/5/2024) pagi WIB. Tim putra Indonesia juga berhasil lolos ke final Piala Thomas 2024 setelah menang 3-0 atas Chinese Taipei di semifinal pada malam harinya.

Namun sayangnya untukm tim Uber Cup Indonesia harus menyerah 0-3 dari China di final, Minggu (5/5/2024). Terakhir kali Indonesia mengawinkan gelar Piala Thomas dan Uber adalah pada 1998, atau 26 tahun yang lalu.

Video Populer

Foto Populer