Sukses


Mengulas Pemain Cadangan Timnas Indonesia U-23 yang Jarang Bermain di Piala Asia U-23 2023: Layak Dicoba Lawan Guinea?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampaknya masih memiliki sejumlah opsi pemain yang memiliki tenaga segar saat menghadapi Guinea U-23 pada play-off antarkonfederasi menuju Olimpiade 2024 Paris.

Sebetulnya, para pemain ini energinya terhitung lebih prima ketimbang para pemain Timnas Indonesia U-23 yang selalu menjadi andalan utama Shin Tae-yong selama menghadapi kejuaraan Piala Asia U-23 2024.

Sebab, mereka lebih banyak diparkir di bangku cadangan skuad Garuda Muda. Menit bermain yang diperoleh sepanjang Piala Asia U-23 2024 terhitung minim. Bahkan, ada pula yang sama sekali tak mengukir menit bermain.

Selain itu, ada pula potensi tenaga baru yang bisa dimaksimalkan Shin Tae-yong untuk menghadapi laga penentuan menuju Olimpiade 2024 Paris ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Belum Dapat Menit Bermain

Sejauh ini, skuad Timnas Indonesia U-23 masih menyisakan dua nama pemain yang sama sekali belum mendapatkan kesempatan bermain dari Shin Tae-yong. Kedua nama yang dimaksud ialah Daffa Fasya dan Bagas Kaffa.

Daffa Fasya harus puas menjadi penghangat bangku cadangan karena kalah bersaing dengan Ernando Ari. Saat Ernando cedera, kiper yang jadi penggantinya ialah Adi Satryo. Sebagai kiper ketiga, Daffa memang kesulitan bersaing dengan dua seniornya.

Nasib yang sama juga dialami Bagas Kaffa. Pemain asal Barito Putera ini harus puas menyaksikan pos wing back kanan skuad Garuda Muda secara bergantian diisi oleh Ilham Rio Fahmi dan Fajar Fathur Rahman.

3 dari 5 halaman

Minim Menit Bermain

Selain dua nama yang belum bermain, masih ada beberapa nama yang terhitung jarang diturunkan Shin Tae-yong pada Piala Asia U-23 2024. Dalam kategori ini, setidaknya ada enam nama yang muncul.

Mereka adalah Arkhan Fikri (92 menit), Rayhan Hanan (1 menit), Dony Tri Pamungkas (1 menit), Ikhsanul Zikrak (12 menit), Adi Satryo (1 menit), dan Hokky Caraka (19 menit). Nama-nama ini kesulitan menembus skuad Garuda Muda yang komposisinya sudah pakem.

Memang, nama-nama pemain yang minim kesempatan ini memperlihatkan gap kualitas dengan komposisi utama Timnas Indonesia U-23. Mereka menghadapi kendala untuk sekadar bisa turun menjadi pengganti.

4 dari 5 halaman

Potensi Tenaga Baru

Shin Tae-yong tampaknya juga tengah mempersiapkan tenaga baru yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia U-23. Salah satu nama yang berpotensi menambah kekuatan Garuda Muda ialah Alfeandra Dewangga.

Dewa, yang gagal berangkat ke Piala Asia U-23 2024, akhirnya dipanggil untuk menyusul Timnas U-23 di Paris. Pemain asal PSIS Semarang ini dibutuhkan untuk mengatasi krisis pertahanan karena kehilangan sejumlah pemain.

Rizky Ridho dan Justin Hubner sudah tak bisa diturunkan karena akumulasi kartu. Sementara itu, Elkan Baggott sampai saat ini juga belum memberikan kepastian apakah akan berangkat atau tidak.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Play-off Olimpiade 2024

Kamis, 9 Mei 2024

  • Guinea Vs Timnas Indonesia U-23
  • Stadion Centre National du Football de Clairefontaine, Paris
  • Pukul: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer