Sukses


Bintang Guinea U-23 Sesumbar Pupuskan Ambisi Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade: Kami Sudah Lama Tak Lolos!

Bola.com, Jakarta Bintang Timnas Guinea U-23, Aguibou Camara, optimistis timnya bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-23. Timnya telah melakukan persiapan matang untuk memenangi laga itu.

Duel itu merupakan play-off untuk memperebutkan tiket terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris. Guinea U-23 akan berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23 di Centre National du Football, Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam.

“Semua sudah siap, karena sejak saya tiba tadi malam, semua orang fokus. Saya berbicara dengan rekan-rekan pemain juga, semua orang fokus pada pertandingan untuk lolos,” kata Aguibou Camara dalam sebuah video yang diunggah akun federasi Guinea, FGF, Rabu (8/5/2024).

Sebelumnya, Guinea U-23 mendapat kabar buruk karena karena Aguibou Camara disebut harus absen karena sakit. Namun, sang gelandang rupanya bisa bergabung bersama rekan-rekannya untuk melawan Timnas Indonesia U-23.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Senior dan KU

Sosok Aguibou Camara sebenarnya jadi pemain penting Guinea, baik tim senior maupun kelompok usia. Gelandang serang 22 tahun itu merupakan pemain klub raksasa Yunani, Olympiacos, yang saat ini dipinjamkan ke Atromitos.

Camara mampu mencatatkan 7 gol dan 5 assist dari 51 pertandingan buat Olympiacos. Dia bahkan sukses mengantarkan The Legend jadi kampiun Liga Yunani pada 2022.

Bakat Camara sempat menarik minat klub-klub raksasa Eropa. Liverpool dan AC Milan mengirim pemandu bakat saat sang pemain tampil membela tim senior Guinea di Piala Afrika 2023.

Kini, timnya sedang berupaya keras untuk bisa tampil di Olimpiade 2024. Syaratnya tentu mengalahkan Timnas Indonesia U-23 yang tampil impresif di Piala Asia U-23 2024.

“Sudah bertahun-tahun sejak Guinea terakhir kali berpartisipasi di Olimpiade, jadi itulah tujuan kami untuk lolos. Kami di sini untuk lolos, untuk membuat mereka bangga,” ujar Aguibou Camara.

3 dari 4 halaman

Ambisi Lolos

Guinea kali terakhir tampil di Olimpiade pada edisi 1968 atau sudah 56 tahun yang lalu. Saat itu, Olimpiade digelar di Meksiko dan Guinea harus puas cuma sampai fase grup bersaing dengan tuan rumah Meksiko, Prancis, dan Kolombia.

Timnas Guinea U-23 mendapat jatah play-off setelah berstatus peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023 yang digelar pada Juli 2023 lalu di Maroko. Artinya, sudah sekitar sembilan bulan dari agenda itu mereka baru menjalani laga kompetitif lagi.

Guinea U-23 sempat bertanding melawan Amerika Serikat pada 22 Maret 2024 lalu, tapi laga ini berstatus persahabatan.

Mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri dengan matang. Ada banyak waktu bagi mereka untuk bisa fokus dan berjuang keras untuk mengalahkan Timnas Indonesia U-23.

4 dari 4 halaman

Persiapan Indonesia

Bandingkan saja dengan Timnas Indonesia U-23 yang hanya punya waktu sepekan saja untuk mempersiapkan pertandingan ini. Belum lagi, anak asuh Shin Tae-yong harus melakukan perjalanan dari Qatar menuju Prancis.

Setelah tiba di Prancis, Rizky Ridho dkk. juga masih perlu adaptasi cuaca dan mempersiapkan diri untuk latihan. Hal ini tentu menjadi situasi yang kurang menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-23.

 

Video Populer

Foto Populer