Sukses


Mengupas Pergantian Pemain Timnas Indonesia U-23 di 6 Laga Piala Asia U-23 2024, STY Main Aman?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 sudah memasuki persiapan akhir menatap duel kontrak Guinea U-23. Kedua tim akan bersua dalam play-off perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris di Centre National du Football de Clairefontaine, Paris, Kamis (9/4/2024) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong kemungkinan tidak banyak melakukan perubahan untuk melawan Guinea U-23. Sebab, kebanyakan pemain yang dibawa ke Prancis adalah nama-nama anggota skuad di Piala Asia U-23.

Timnas Indonesia U-23 tim kuda hitam karena berstatus sebagai debutan Piala Asia U-23 2024. Tapi, mereka secara mengejutkan mampu menumbangkan tim-tim yang berpengalaman.

Di Grup A, Timnas Indonesia U-23 sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar (15/4/2024). Tapi, Shin Tae-yong membawa timnya bangkit dengan menang 1-0 atas Australia (18/4/2024) dan unggul 4-1 atas Yordania (21/4/2024).

Status runner-up Grup A lantas membuat Timnas Indonesia U-23 melaju ke perempat final dan menghadapi Korea Selatan U-23 (25/4/2024) Hasilnya secara mengejutkan mampu menang di babak adu penalti.

Berikutnya, di semifinal Rizky Ridho dkk. menghadapi Uzbekistan yang berakhir kekalahan 0-2 (29/4/2024). Duel berlanjut di perebutan tempat ketiga yang tumbang 1-2 dari Irak (2/5/2024).

Lantas bagaimana kecenderungan pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain selama Piala Asia U-23 2024? Apakah dia main aman? Keputusannya dalam enam laga Piala Asia U-23 tentu akan berpengaruh dalam laga melawan Guinea nantinya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Vs Qatar dan Australia

 

Saat melawan Qatar di laga pertama, Shin Tae-yong melakukan empat pergantian pemain. Dia menarik keluar Komang Teguh, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Arkhan Fikri yang menggantinya dengan Nathan Tjoe-A-Aon, Fajar Fathurrahman, Ikshan Nul Zikrak, dan Ramadhan Sananta.

Tak banyak perubahan hasil yang didapat setelah melakukan pergantian pemain itu. Timnas Indonesia U-23 tetap kalah 0-2 dalam pertandingan yang sarat kontroversi tersebut.

Berikutnya, nama Justin Hubner ada di bangku cadangan. Dia mengawali laga sebagai pemain pengganti bersama Rio Fahmi dan Ikshan. Tiga pemain yang ditarik keluar adalah Kelly Sroyer, Fajar, dan Komang Teguh.

Di laga ini, Timnas Indonesia U-23 sebenarnya menang 1-0 lewat gol tunggal Komang Teguh. Meski mencetak gol, Komang tetap ditarik keluar agar sektor pertahanan lebih solid.

3 dari 5 halaman

Aman saat Vs Yordania

Berikutnya, ada lima pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong saat menang 4-1 atas Yordania. Mereka yang diganti adalah Muhammad Ferarri, Rafael Struick, Fajar, Ivar Jenner, dan Ernando Ari.

Ernando diganti dengan Ady Satryo karena mengalami cedera. Empat pemain lain yang masuk sebagai pengganti adalah Komang, Rio, Hokky Caraka, dan Rayhan Hannan.

Dari empat pemain pengganti, nama Komang yang paling mencolok karena menyumbang satu gol dalam pertandingan ini. Gol itu memantapkan kemenangan atas Yordania U-23.

4 dari 5 halaman

Vs Korea Selatan

Duel melawan Korea Selatan yang berlangsung di perempat final berlangsung sengit berakhir 2-2 sampai waktu normal. Selama 90 menit, hanya ada dua pergantian, yakni Komang dan Rio diganti dengan Ferarri dan Fajar.

Fajar sendiri kemudian diganti bersamaan dengan Ivar Jenner dengan memasukkan Arkhan dan Sroyer. Lalu, satu pergantian lagi adalah menarik keluar Witan Sulaeman dengan memasukkan Ramadhan.

Duel ini dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenangan. Timnas Indonesia U-23 pada akhirnya menang 11-10 atas Korea Selatan.

 

5 dari 5 halaman

Vs Uzbekistan dan Irak

Memasuki semifinal, Shin Tae-yong juga melakukan empat pergantian. Sananta, Arhan, Fajar, dan Jenner, digantikan dengan Sroyer, Fahmi, Ikshan, dan Dony Tri Pamungkas. Laga ini berakhir menyakitkan dengan kekalahan 0-2 kontra Uzbekistan.

Giliran berjumpa Irak dalam perebutan tempat ketiga yang diprediksi berlangsung sengit. Sroyer, Fahmi, Witan, dan Jenner lagi-lagi ditarik keluar dengan diganti Komang, Fajar, Sananta, dan Ikhsan.

Dari enam pertandingan itu, terlihat banyak tak banyak perubahan yang coba dilakukan Shin Tae-yong. Dia lebih fokus memaksimalkan nama-nama yang memang sudah diandalkan untuk bisa memberi kontribusi dalam meraih kemenangan.

Video Populer

Foto Populer