Sukses


4 Fakta Keren Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Play-off Olimpiade 2024: Edisi Perdana Tantang Tim Afrika

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 menghadapi tantangan besar saat melawan Timnas Guinea U-23 di play-off Olimpiade Paris 2024. Kedua tim berduel di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Pertandingan ini penting bagi kedua kesebelasan. Momen krusial untuk memperebutkan satu tiket terakhir ke Olimpiade 2024 Paris.

Garuda Muda gagal mengamankan tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024, setelah menelan kekalahan 1-2 dari Timnas Irak U-23 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024).

Sementara Guinea, disingkirkan Mali pada perebutan peringkat ketiga Piala Afrika U-23 2023. Tim berjulukan Syli Nationale itu takluk 3-4 lewat drama adu penalti di The Ibn Batouta Stadium, Maroko, 8 Juli 2023.

Ada sederet fakta menarik yang mengiringi duel Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea di Play-off Olimpiade 2024. Berikut Bola.com menyajikan empat di antaranya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pertemuan Perdana

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Guinea U-23 pada perebutan play-off Olimpiade 2024 menjadi pertemuan perdana buat kedua kesebelasan.

Maklum saja, kedua negara memang berasal dari benua berbeda. Sehingga potensi pertemuan yang terjadi sangatlah kecil. Timnas Guinea merupakan satu di antara tim yang berada di kawasan Afrika Barat.

Mereka tergabung dalam Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Sementara Timnas Indonesia masuk Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

 

3 dari 5 halaman

Masuk Grup Berat

Pemenang laga play-off nanti akan tergabung di Grup A cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2024 Paris. Grup ini bisa dibilang grup neraka karena diisi tim macam Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Ketiga negara tersebut tak bisa dianggap enteng. Mereka bukan lawan sembarangan, terutama Prancis dan Amerika Serikat yang sudah cukup berpengalaman dalam turnamen tersebut.

4 dari 5 halaman

Negara Asia Tenggara Pertama di Play-off Olimpiade

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang berlaga di play-off Olimpiade. Sebelumnya, tak ada satupun negara ASEAN yang berhasil menyegel tiket Olimpiade lewat jalur play-off.

Ini merupakan kesempatan emas bagi Tim Merah-Putih untuk menorehkan sejarah dalam dunia sepak bola Asia. Berbekal pengalaman di ajang Piala Asia U-23 2024, skuad besutan Shin Tae-yong itu diharapkan bisa membendung perlawanan Guinea dan meraih tiket ke Paris.

5 dari 5 halaman

Diperkuat Pemain Abroad

Duel antara Timnas Indonesia versus Guinea diprediksi berjalan sengit. Menarik karena kedua tim sama-sama diperkuat sejumlah pemain yang bermain di luar negeri alias abroad.

Di kubu Indonesia, ada nama-nama seperti Nathan Tjoe-A-On yang kini berkarier di SC Heerenveen (Belanda), Ivan Jenner (Utrecht/Belanda), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze/Belgia), dan Rafael Struick (Ado Den Haag/Belanda).

Sementara itu, Guinea diisi lebih banyak pemain yang berkiprah di Liga Eropa. Beberapa di antaranya yakni Saidou Sow (Strasbourg/Prancis), Ousmane Camara (FC Annecy/Prancis), Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol), Algassime (Olympiacos Piraeus/Yunani), serta Aguibou Camara (Atromitos Athens/Yunani).

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer