Sukses


2 Faktor Penting yang Harus Dilakukan Timnas Indonesia U-23 saat Hadapi Guinea pada Play-off Olimpiade 2024 Paris

Bola.com, Jakarta - Bermain lebih cepat dan taktis. Dua faktor itu bisa menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Timnas Guinea U-23 dalam play-off Olimpiade 2024.

Opini tersebut datang dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Rasiman. Juru taktik Persis Solo U-18 itu meyakini skuad Garuda Muda bisa melewati adangan Guinea dan meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

Duel antara Timnas Indonesia U-23 versus Timnas Guinea U-23 berlangsung di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, Kamis (9/5/2024). Pertandingan ini dimulai pukul 19.00 WIB.

"Kuncinya bermain lebih cepat dan taktis menghindari benturan secara fisik di satu lawan satu karena itu kelebihan mereka. Secara fluiditas dan team play saya rasa pemain kita lebih rapi cara bermainnya," ujar Rasiman kepada Bola.com, Kamis (9/5/2024) pagi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Krusial

Laga ini penting bagi kedua kesebelasan. Momen krusial untuk memperebutkan satu tiket terakhir ke Olimpiade 2024 Paris.

Garuda Muda gagal mengamankan tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024, setelah menelan kekalahan 1-2 dari Timnas Irak U-23 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024).

Sementara Guinea, disingkirkan Mali pada perebutan peringkat ketiga Piala Afrika U-23 2023. Tim berjulukan Syli Nationale itu takluk 3-4 lewat drama adu penalti di The Ibn Batouta Stadium, Maroko, 8 Juli 2023.

 

3 dari 5 halaman

Keropos

Lini belakang Timnas Indonesia U-23 dipastikan keropos dalam bentrok melawan Guinea. Dua bek andalan, Justin Hubner dan Rizky Ridho tidak bisa dimainkan pada laga nanti.

Justin Hubner tidak dilepas klubnya, Cerezo Osaka untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Sedangkan Rizky Ridho mendapatkan skorsing dua pertandingan imbas kartu merah yang diterimanya saat melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Absennya Ridho dan Hubner jelas menjadi kerugian besar bagi Timnas Indonesia U-23. Apalagi, keduanya memang menjadi andalan sepanjang Piala Asia U-23 2024.

"Cuman memang ya dengan tidak adanya Rizky Ridho dan Justin Hubner yang selama ini menjadi tulang punggung memang agak sedikit menjadi persoalan terutama di backline kita," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Optimistis

Sebagai gantinya, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memanggil bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga untuk bergabung dengan skuad Garuda Muda di Paris. Dewangga bisa menjadi opsi absennya Ridho dan Hubner.

"Tapi skuad kali ini kan mempunyai kedalaman skuad cukup baik artinya masuknya Alfeandra Dewangga juga saya yakin akan menambah kekuatan tim," ucap Rasiman.

"Jadi saya sih optimistis tim ini bisa melewati fase ini dan mudah-mudahan bisa mencetak sejarah untuk kita semua," sambung pelatih berusia 50 tahun itu.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Play-off Olimpiade 2024

  • Kamis, 9 Mei 2024
  • Guinea Vs Timnas Indonesia U-23
  • Stadion Centre National du Football de Clairefontaine, Paris
  • Pukul: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer