Sukses


Diikuti Borneo FC dan PSM, ASEAN Club Championship 2024 / 2025 Diharapkan Kerek Kualitas Tim Asia Tenggara

Bola.com, Jakarta - ASEAN Club Championship kembali bergulir pada musim 2024/2025. Turnamen yang diikuti Borneo FC dan PSM Makassar tersebut diharapkan mampu mendongkrak kualitas permainan klub-klub di Asia Tenggara.

ASEAN Club Championship pertama kali bergulir pada 2003. Ketika itu, klub asal India, East Bengal, berhasil keluar sebagai juara setelah sukses mengalahkan BEC Tero Sasana dengan skor 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 26 Juli 2003.

Turnamen itu sempat ditiadakan pada 2004 dan kembali dihelat pada 2005. Tampines Rovers sukses menjadi kampiun berkat kemenangan 4-2 atas Pahang FA di Hassanal Bolkiah National Stadium, 31 Juli 2005.

Sejak saat itu, ASEAN Club Championship tak lagi bergulir. Hingga akhirnya, turnamen itu pun kembali dihidupkan untuk musim 2024/2025. Pada edisi kali ini, Borneo FC dan PSM Makassar menjadi wakil Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Posisi Borneo dan PSM

Pengundian fase grup ASEAN Club Championship 2023/2024 sudah dilakukan di Hanoi, Vietnam, Kamis (9/5/2025) siang waktu setempat.

PSM Makassar ada di Grup A turnamen tersebut. Di sana ada juga BG Pathum United (Thailand), Terengganu FC (Malaysia), dan Dong A Thanh Hoa FC (Vietnam). Dua pemenang laga play-off juga akan dialokasikan ke Grup A.

Adapun di Grup B ASEAN Club Championship 2024/2025 ada klub Indonesia yang lain, Borneo FC Samarinda. Persaingan di klub tersebut diprediksi akan berjalan ketat.

Di Grup B, ada pula Buriram United (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia) Cong An Ha Noi FC (Vietnam), Kaya FC Iloilo (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura).

3 dari 4 halaman

Dongkrak Level Klub Asia Tenggara

Presiden AFF, Khiev Sameth, menyambut baik kembali digelarnya ASEAN Club Championship. Perwira Militer Kamboja tersebut menjanjikan turnamen tersebut bakal berjalan menarik, dan diharapkan mampu mendongkrak level klub Asia Tenggara.

"Senang sekali bisa menyelesaikan pengundian ASEAN Club Championship 2024/2025 hari ini. Dilihat dari jadwal pertandingannya, kejuaraan antarklub di kawasan itu menjanjikan kompetisi yang menarik," ucap Khiev Sameth.

"Setelah bertahun-tahun kerja keras dan dedikasi dari semua orang yang terlibat dalam penciptaan acara tersebut, kini hal itu menjadi kenyataan."

"ASEAN Club Championship akan memberikan kesempatan kepada klub-klub terbaik dari seluruh wilayah kami untuk menguji diri satu sama lain, sekaligus meningkatkan level permainan. Kami sangat senang bisa selangkah lebih dekat dengan kick-off," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Undian

Grup A

  • BG Pathum United (Thailand)
  • Terengganu FC (Malaysia)
  • PSM Makassar (Indonesia)
  • Dong A Tanh Hoa FC (Vietnam)
  • Pemenang Play-Off 1
  • Pemenang Play-Off 2

Grup B

  • Buriram United (Thailand)
  • Kuala Lumpur City FC (Malaysia)
  • Cong An Ha Noi FC (Vietnam)
  • Borneo FC Samarinda (Indonesia)
  • Kaya FC - Iloilo (Filipina)
  • Lion City Sailors (Singapura)

Video Populer

Foto Populer