Sukses


Maksimalkan VAR di Championship Series BRI Liga 1 2023 / 2024, Ini yang Disiapkan PT LIB

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 akan kembali bergulir. Dalam waktu dekat liga level tertinggi di Indonesia itu akan ada di fase Championship Series.

Empat tim akan bertarung di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Mereka adalah Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun telah menyiapkan perangkat pendukung Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Satu di antaranya adalah penggunaan VAR Mobile.

"Sesuai rencana, VAR akan digunakan pada babak championship series yang dimulai pada 14 Mei mendatang. Sebanyak dua unit VAR Mobile pun langsung diberangkatkan pada Jumat (10/5/2024), kedua venue yang akan menggelar laga-laga leg pertama Championship Series BRI Liga 1 2023/2024," jelas PT Liga Indonesia Baru (LIB).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pendukung Stadion yang Tidak Layak

VAR Mobile memang menjadi salah satu inovasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengatasi permasalahan yang ada di banyak stadion di Indonesia. Hanya sedikit stadion yang saat ini memiliki ruangan khusus untuk VAR.

Para petugas pertandingan nantinya akan bertugas dari dalam VAR Mobile tersebut. Peran mereka akan sangat krusial dalam menentukan hasil pertandingan di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

"VAR Mobile ini akan digunakan sebagai VAR Room bagi personel perangkat video assistant referee seperti VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator). Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang ditempatkan di dekat stadion," jelas LIB.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Menarik

PT Liga Indonesia Baru menjelaskan VAR Mobile yang mereka miliki berbeda dengan mobil pada umumnya. VAR Mobile dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

"Berbeda dengan mobil pada umumnya, VAR Mobile dilengkapi berbagai fitur yang dipersiapkan untuk mengakomodasi alat-alat VAR. Seperti enam unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar," jelas PT LIB.

"Untuk kelengkapan fitur, LIB telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile serta berdiskusi dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile. Ini mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal," tandas operator liga profesional di Indonesia itu.

Sumber: PT LIB

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer