Sukses


Tekad Alumnus Piala Asia U-23 Tembus ke Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi Harus Bersaing dengan Asnawi, Yakob, dan Sandy

Bola.com, Jakarta - Ilham Rio Fahmi belum puas dengan pencapaiannya membela timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024. Bek asal Persija Jakarta itu juga ingin menembus Timnas Indonesia.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan menjalani lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Irak dan Timnas Filipina.

Timnas Indonesia bakal lebih dulu menjamu Irak pada 6 Juni 2024, baru Filipina pada lima hari berselang. Dua pertandingan itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Selatan.

"Yang pasti, keinginan untuk masuk Timnas Indonesia pasti ada. Sebab, semua pemain ingin masuk tim senior," ujar Rio Fahmi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Berat

Namun, bukan perkara mudah untuk Rio Fahmi bisa promosi ke Timnas Indonesia. Sebab, untuk pos fullback kanan atau wingback kanan, persaingannya sangat ketat.

Di Timnas Indonesia, sudah ada tiga pemain yang terbiasa mengisi posisi itu. Ketiganya adalah Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri, dan Sandy Walsh.

Dalam dua pertandingan terakhir Timnas Indonesia yang berlangsung di Kualifikasi Piala Dunia 2026, peran sebagai wingback kanan dimainkan secara bergantian oleh Yakob dan Asnawi.

3 dari 3 halaman

Siap jika Dibutuhkan

"Jika dibutuhkan, saya selalu siap. Tapi mungkin, kalau belum, mungkin bukan rezeki. Tandanya saya harus belajar lagi untuk menambah kualitas," ungkap Rio Fahmi.

Bersama timnas U-23 di Piala Asia U-23, Ferarri juga berbagi peran dengan Fajar Fathur Rahman di pos wingback kanan. Ketiganya sama-sama menjadi starter dalam tiga penampilan.

Rio Fahmi sebenarnya sempat dipanggil Timnas Indonesia untuk beruji coba dengan Timnas Bangladesh pada Juni 2022. Namun, pemain kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, itu belum diberikan kesempatan tampil.

Video Populer

Foto Populer