Sukses


Ramadhan Sananta Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Persis Solo Hormati Keputusan Shin Tae-yong

Bola.com, Solo - Penyerang andalan Persis Solo, Ramadhan Sananta, menjadi salah satu pemain yang dicari-cari netizen karena namanya tak muncul dalam daftar panggilan Timnas Indonesia untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam daftar nama pemain yang dirilis oleh PSSI pada Kamis (16/5/2024) malam WIB, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menentukan total 22 pemain yang dipanggil untuk menghadapi Irak dan Filipina.

Dari daftar ini, tak ada nama Ramadhan Sananata di jajaran pemain depan. Empat pemain di sektor ini yang dipanggil hanyalah Dimas Drajad, Ragnar Oratmangoen, Egy Maulana Vikri, dan Rafael Struick.

Padahal, Sananta sebelumnya turut bermain saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada Maret 2024. Bahkan, striker 21 tahun ini turut menyumbangkan satu gol saat membeku Vietnam di kandangnya dengan skor 3-0.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kondisinya Baik-Baik Saja

Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, sejauh ini belum mengetahui soal kabar pemanggilan ini. Dia mengatakan, Sananta terakhir kali juga berada dalam kondisi baik-baik saja dan tidak mengalami cedera.

“Kalau mengenai pemanggilan Timnas Indonesia itu, sejujurnya saya masih belum tahu. Karena belum ada konfirmasi apa-apa,” kata Chairul Basalamah saat dihubungi Bola.com, Kamis (16/5/2024) malam.

“Saya juga belum mengetahui kondisi Sananta apakah cedera atau tidak. Namun, dari komunikasi yang terakhir, Sananta kondisinya sehat-sehat saja,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Terima Surat

Selain itu, lelaki yang akrab disapa Abud itu juga mengakui belum menerima surat dari PSSI soal pemanggilan pemain Timnas Indonesia. Jika merujuk 22 nama yang dipanggil, tidak ada pemain Persis Solo yang dipanggil.

Padahal, selain Sananta, Persis sebelumnya juga sempat mengirimkan penjaga gawangnya, Muhammad Riyandi, pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang bergulir Maret lalu.

“Sampai hari ini tidak ada surat dari PSSI untuk pemanggilan Sananta. Jadi, semua PSSI akan kami hargai. Sebagai klub, kami sifatnya men-support dan mendukung,” ujar Abud.

4 dari 5 halaman

Hormati Keputusan Pelatih

Yang jelas, kalau pun misalnya kedua pemain ini tidak mendapatkan panggilan dari skuad Merah Putih, Abud memastikan bahwa tim beralias Laskar Sambernyawa ini tetap menghormati keputusan tersebut.

Pasalnya, menurut eks manajer Persebaya Surabaya itu, pemilihan pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia sepenuhnya berada dalam wewenang Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala.

“Sebagai pihak klub, kami menghormati. Pelatih pastinya punya kewenangan untuk menentukan pemain terbaiknya. Jadi, kami tidak ingin mencampuri urusan pemanggilan pemain,” kata Abud menjelaskan.   

5 dari 5 halaman

Daftar 22 Pemain

Kiper: Ernando Ari, Adi Satryo

Bek: Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho, Jay Idzes, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Yance Sayuri, Asnawi Mangkualam, Nathan Tjoe-A-On

Gelandang: Thom Haye, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri

Penyerang: Rafael Struick, Dimas Drajad, Ragnar Oratmangoen

Video Populer

Foto Populer