Sukses


Berprestasi Jadi Kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho Dapat Bonus dari Kampus, Ingin Wisuda Dipercepat

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho mendapat apresiasi dari pihak kampus tempatnya berkuliah. Ini tidak lepas dari perannya sebagai pemain inti dan kapten Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

Rizky Ridho mendatangi kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jumat (17/5/2024) pagi. Begitu tiba di kampus, para mahasiswa yang melihatnya langsung histeris menyambut sang kapten yang telah pulang dari Qatar.

Ridho menemui rektor UM Surabaya, Sukadiono, dalam kesempatan ini. Dia bergurau bahwa dirinya ingin kelulusannya sebagai mahasiswa Prodi S-1 Manajemen bisa dipercepat.

"Wisudanya dipecepat ya, Pak," canda Ridho kepada Suko.

Gelak tawa mengiringi permintaan itu. Suko sebagai rektor tentu tidak bisa mengabulkannya. Sebab, Rizky Ridho masih berstatus mahasiswa semester empat. Dibutuhkan minimal tujuh semester untuk mendapat gelar sarjana.

"Untuk kelulusan, ada opsi selain skripsi. Mungkin nanti Mas Rizky Ridho bisa menulis buku juga. Jadi, apresiasi dari kami bukan wisuda, tapi berupa uang tunai," balas Suko.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perjalanan Keras Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 telah berjuang keras hingga akhirnya meraih status peringkat keempat Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda merupakan tim kuda hitam karena berstatus sebagai debutan di turnamen itu.

Mereka secara mengejutkan mampu menumbangkan tim-tim yang berpengalaman. Di Grup A, Timnas Indonesia U-23 sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar (15/4/2024).

Tapi, Shin Tae-yong membawa timnya bangkit dengan menang 1-0 atas Australia (18/4/2024) dan unggul 4-1 atas Yordania (21/4/2024).

Status runner-up Grup A lantas membuat Timnas Indonesia U-23 melaju ke perempat final dan menghadapi Korea Selatan U-23 (25/4/2024) Hasilnya secara mengejutkan mampu menang di babak adu penalti.

Berikutnya, di semifinal Rizky Ridho dkk. menghadapi Uzbekistan yang berakhir kekalahan 0-2 (29/4/2024). Duel berlanjut di perebutan tempat ketiga yang tumbang 1-2 dari Irak (2/5/2024).

Setelah melewati banyak rintangan, Timnas Indonesia U-23 kembali menelan kekalahan 0-1 melawan Guinea U-23 dan itu memupus harapan ke Olimpiade 2024 Paris. Hasil ini sekaligus menutup perjuangan mengesankan di Piala Asia U-23 2024.

 

3 dari 4 halaman

Bikin Bangga

Untuk itulah, UM Surabaya memberikan bonus untuk Rizky Ridho. Status sebagai kapten tim jadi istimewa karena dia memimpin rekan-rekannya mencatat sejarah baru di kompetisi Asia.

"Alhamdulillah bisa menerima Mas Rizky Ridhi di kampus. Waktu perempat final dan semi final, kami mengadakan nobar di kampus. Antusiasnya besar untuk mendukung Timnas Indonesia U-23," ujar Suko.

"Walaupun tidak lolos Olimpiade, prestasinya sudah luar biasa, melebih target. Tenti kami ikut bangga. Kami memberikan penghargaan untuk Mas Rizky Ridho. Semoga berikutnya semakin berprestasi di timnas senior," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Hadiahi Jersey

Rizky Ridho membalas bonus itu dengan memberikan jersey Timnas Indonesia untuk UM Surabaya. Dia mengaku itu adalah kostum yang dipakainya saat bertanding.

"Saya berterima kasih atas sesuatu yang diberikan oleh Bapak Rektor terhadap saya, penghargaannya. Saya sangat bersyukur dan saya sangat senang berada di sini dan disambut baik oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya," ucapnya.

"Terima kasih atas dukungannya. Saya juga minta maaf belum bisa memberikan yang terbaik. Kami peringkat keempat dan belum lolos Olimpiade. Kami sudah berjuang keras meraih itu," ungkap pemain asli Surabaya tersebut.

Kini, Rizky Ridho sedang istirahat setelah tampil di Piala Asia U-23 2024. Dia sudah hadus bersiap membela Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina dalam babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 dan 11 Juni 2024.

Video Populer

Foto Populer