Sukses


Tidak Lazim tapi Nyata! Ezra Walian 34 Kali Jadi Pemain Pengganti Persib di BRI Liga 1 Musim Ini: Strategi Khusus Bojan Hodak?

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung akhirnya mengamankan tiket ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 setelah pada laga leg kedua semifinal, Sabtu (18/5/2024) sukses mengalahkan Bali United tiga gol tanpa balas.

Duel yang mentas di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024) malam sepenuhnya menjadi milik tuan rumah via gol Ciro Alves, Febri Hariyadi, dan Mohammad Edo Febriansah.

Sebelumnya, dalam leg pertama di Bali United Training Center, Gianyar, Selasa (14/5/2024), Persib Bandung menahan imbang Serdadu Tridatu 1-1.

Dengan aggregat 4-1, tim besutan Bojan Hodak melaju ke final dan di partai puncak mereka menanti pemenangan semfinal lainnya, Borneo FC vs Madura United.

Sukses Persib Bandung ini tentu saja disambut gembira oleh manajemen, pelatih, pemain, dan terlebih lagi Bobotoh.

Maklum, jika bisa menjadi yang terbaik di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024, itu merupakan pelipur lara menyusul kegagalan Ciro Alves dkk. menggondol gelar juara reguler series BRI Liga 1 2023/2024.

"Kami pantas ke final karena kami punya lebih banyak peluang," kata sang arsitek tim, Bojan Hodak.

Juru taktik tim tamu, Stefano Cugurra, mengakui ketangguhan Persib Bandung. "Kami harus akui Persib lebih bagus dan kami harus mengakui kekalahan ini," ujar Stefano Cugurra.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Catatan Unik Ezra Walian

Ada satu hal menarik sekaligus menggelitik di balik kemenangan Persib Bandung. Apa itu? Salah satu bintang mereka, Ezra Walian, lagi-lagi tak jadi starter.

Pemain naturalisasi berusia 26 tahun tersebut masuk pada menit ke-73 menggantikan Stefano Beltrame. Saat sang gelandang masuk, tuan rumah sudah leading 3-0.

Dengan memasukkan Ezra Walian, Bojan Hodak sepertinya berharap banyak gol Persin bisa bertambah. Hanya saja, hingga duel berakhir, gol tambahan tak jua tersaji.

Bukan kali ini saja Ezra Walian masuk dari bangku cadangan. Sepanjang musim ini, pemilik nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian 34 kali bermain dari bangku cadangan.

Bojan Hodak pastilah punya alasan kuat terkait Ezra Walian. Bisa jadi, Ezra Walian terpinggirkan karena kalah bersaing dengan gelandang serang atau winger Persib lainnya.

Untuk kedua posisi tadi, ada beken macam Stefano Beltrame, Marc Klok, serta Dedi Kusnandar. Sejak Bojan Hodak menukangi Persib pada 2023, ketiga pemain itu nyaris tak tergantikan di starting XI.

 

3 dari 4 halaman

Tak Kalah Gacor

Ezra Walian sebenarnya tak kalah moncer dan tokcer. Terbukti, dua gol dan dua assist yang dia persembahkan musim ini menjadi bukti kalau eks pilar PSM Makassar masih itu masih layak dijadikan starter.

Masih ingat tatkala Persib Bandung menjamu Dewa United dalam lanjutan reguler series Liga 1 2023/2024 pada 14 Juli 2023? Berakhir imbang 2-2, saat itu Ezra Walian menyumbang sebiji gol.

Demikian juga ketika Persib melumat Persikabo 2-0 pada 16 September di tahun yang sama, Ezra Walian ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Yang paling fenomenal adalah ketika Ezra Walian menjadi penyelamat Persib dari kekalahan dalam laga leg 1 semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 kontra Bali United beberapa waktu lalu.

Sempat tertinggal 0-1, Persib akhirnya terhindar dari kekalahan berkat gol balasan David da Silva yang dengan cerdik sukses memaksimalkan umpan berkelas Ezra Walian.

Melihat pencapaian yang cukup mengesankan sepanjang musim ini, bukan tak mungkin musim depan Ezra Walian jadi pilihan utama Bojan Hodak. Semoga!

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer