Sukses


3 Pemain Kunci Persib yang Jadi Momok untuk Madura United di Final BRI Liga 1: Ancaman Nyata di Lini Serang!

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung berada di atas angin untuk memenangkan final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 ketimbang rivalnya Madura United. Sedikitnya ada dua alasan kuat mengapa Persib lebih dijagokan.

Pertama, Persib Bandung diuntungkan karena mereka berstatus tuan rumah dalam laga leg 1 yang rencananya akan dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Bermain di depan ribuan Bobotoh, pastinya akan menambah suntikan semangat bagi anak-anak asuh Bojan Hodak untuk bisa mengalahkan Madura United.

Kemenangan di kandang sendiri tentunya lebih meringankan langkah David da Silva and kolega guna melakoni laga leg 2 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (31/5/2024).

Lalu, yang kedua, Persib Bandung menjadikan Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 sebagai pelampiasan setelah mereka gagal menjadi yang terhebat di regular series BRI Liga 1 musim ini. Persib berada di posisi kedua, sedangkan puncak klasemen jadi milik Borneo FC.

Bojan Hodak, sang pelatih, juga memastikan kalau anak-anak asuhnya siap tempur. "Semua pemain ingin memenangkan final nanti," kata juru taktik ber-KTP Kroasia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tak Boleh Jemawa

Meski lebih difavoritkan, Pangeran Biru tak boleh terlalu jemawa. Biar bagamaina pun, Madura United bukanlah tim yang gampang digertak begitu saja. Terbukti, Laskar Sapeh Kerrab mampu melangkah ke final setelah menyingkirkan Borneo FC di semifinal dengan aggregat 4-2.

Persib Bandung juga harus ekstra waspada, karena Madura United mematok juara dan itu harus bisa direalisasikan Malik Risaldi cs.

Saat ini Madura United tengah diselimuti prahara internal buntut dari masalah korupsi yang menimpa presiden klub, Achsanul Qosasi. Jadi, jika bisa tampil sebagai juara setidaknya itu bisa menjadi pelipur lara bagi fans setia mereka, K-Conk Mania.

"Kami akan mencari cara untuk bisa mengalahkan Persib," kata Rakhmad Basuki, asisten pelatih Madura United.

Persib terus melakukan persiapan agar tak melewatkan begitu saja duel penentu leg 1 di depan pendukung fanatiknya.

Bobotoh berharap semua pemain yang mendapat kepercayaan mengisi starting XI bisa mengemban misi berat dengan baik demi meringankan langkah ke laga leg 2.

Meski dihuni amunisi mumpuni di semua lini dan berpotensi menjadi ancaman, tapi setidaknya ada tiga pilar Persib yang bakal menjadi momok bagi Madura United.

Siapa saja ketiganya?

3 dari 6 halaman

Ciro Alves

Pemain asal Brasil ini tampil beringas saat Persib Bandung melumat Bali United dalam laga leg 2 semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

Bisa dibilang, penyerang berusia 35 tahun ini menjadi pemain yang paling sibuk dalam duel big match tersebut. Tak kenal lelah, Ciro Alves turun naik memburu bola.

Kemenangan 3-0 malam itu tak lepas dari peran besar eks tukang gedor Persikabo 1973. Dialah yang membuka keran gol Maung Bandung pada menit ke-31 dan kemudian diteruskan oleh Febri Hariyadi pada menit ke-39 serta Edo Febriansah saat laga memasuki menit 70'.

Ciro Alves tipikal tombak yang tak hanya ngotot, juga lihai melepaskan diri dari pengawalan pemain bertahan lawan. Menjamu Madura Unite pada akhir pekan nanti, Ciro Alves pastinya siap mengeksploitasi semua kemampuan terbaiknya.

4 dari 6 halaman

David da Silva

Urusan menjebol gawang lawan, serahkan kepada pemain kelahiran 12 November 1989 ini. Sepanjang musim ini, Da Silva mengukuhkan dirinya sebagai yang tersubur di Liga 1 2023/2024 dengan torehan 25 gol.

Dengan postur tinggi tegap, Da Silva sosok tombak yang tak mudah dijinakkan oleh bek-bek lawan. Ketenangannya saat menggocek bola serta tembakan kerasnya dari luar kotak penalti kerap berbuah gol. Itulah yang pastinya sangat ditakuti pemain-pemain bertahan Madura United.

Dalam keadaan dijaga ketat sekalipun, veteran Brasil yang sudah berusia 35 tahun itu masih bisa melakukan shooting atau paling tidak memberikan assist.

Itu tersaji saat Persib Bandung menggebuk Bali United 3-0 dalam laga leg 2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, belum lama ini. Gol Edo Febriansah pada menit ke-70 berawal dari assist manis Da Silva.

5 dari 6 halaman

Febri Hariyadi

Persib Bandung memang punya gelandang cekatan yang sekaligus pengatur serangan yakni Marc Klok.

Namun, tak bermaksud mengecilkan peran pemain naturalisasi itu, Febri Hariyadi berpeluang menjadi pemain kunci dalam misi Maung Bandung mengalahkan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Penyerang 28 tahun ini sedang gokil-gokilnya. Dalam beberapa laga terakhir, Febri Hariyadi tampil menjadi aktor utama di balik kemenangan Persib.

Termasuk kala Maung Bandung melumat Bali United dalam laga leg 2 semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 yang berakhir dengan kemenangan mencolok 3-0.

Dalam laga tersebut, kesayangan Bobotoh itu menyumbang sebiji gol yang membuat Febri Hariyadi disebut-sebut masih layak mendapat kesempatan di skuad timnas senior besutan Shin Tae-yong jelang duel kontra Irak dan Filipinan di ajang babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 6 dan 11 Juni mendatang.

6 dari 6 halaman

Akhir dari Regular Series BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer