Sukses


Adu Racikan Taktik Pelatih Madura United Vs Persib: Rakhmat Basuki Tak Gentar Hadapi Strategi Bojan Hodak

Bola.com, Jakarta - Final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 tidak hanya jadi pembuktian bagi penggawa Persib Bandung dan Madura United, tapi juga dua sosok penting di belakang kedua raksasa Indonesia itu, yakni Bojan Hodak dan Rachmad Basuki.

Bojan Hodak adalah pelatih Persib Bandung, sedangkan Rakhmat Basuki pelatih sementara Madura United. Banyak yang bertanya, siapa gerangan yang akan tampil ke singgasana juara: Persib atau Madura United?

Jawabannya pastinya tak lepas dari persiapan mental kedua kubu, tapi juga strategi yang akan diterapkan kedua juru taktik.

Baik Bojan Hodak maupun Rachmad Basuki sama-sama bertangan dingin. Bojan Hodak membawa Maung Bandung ke final setelah mendepak Bali United di semifinal dengan aggregat 4-1.

Sementara, di ajang Liga 1 2023/2024, eks pembesut PSM Makassar menempatkan Persib di posisi kedua, tepat berada di bawah Borneo FC yang tampil sebagai kampiun musim ini.

Dua pencapaian itu jelas sangat spektakuler, mengingat pria 53 tahun berpaspor Kroasia itu baru menukangi Persib sejak 2023 menggantikan Luis Milla yang mengundurkan diri.

Awalnya, tak sedikit yang ragu Bojan Hodak bisa menukangi Persib yang merupakan salah satu tim papan atas Indonesia yang lapar gelar.

"Bersama pelatih baru, kita berharap bisa merealisasikan target awal kita yakni masuk empat besar," kata Teddy Tjahjono, Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat, kala memperkenalkan Bojan Hodak sebagai nakhoda anyar Persib Bandung pada Juli 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mengedepankan Disiplin dan Mentalitas

Bak tukang sulap, Bojan Hodak tak butuh waktu lama untuk merealisasikan target manajemen. Di bawah racikannya, Marc Klok and kolega tampil gahar sepanjang musim Liga 1 2023/2024 bahkan nyaris juara.

Dalam melatih, Bojan Hodak tipe pelatih yang sangat disiplin. Meski begitu, sosoknya yang ramah namun tegas membuat anak-anaknya merasa nyaman.

"Dia pelatih yang baik, bagus, dan punya mentalitas yang kuat," kata Stefano Beltrame, gelandang Persib Bandung.

Kini, jutaan Bobotoh berharap sang pelatih bisa mempersembahkan gelar juara Championship Series Liga 1 2023/2024.

Peluang sangat terbuka, mengingat Stefano Beltrame and kolega lebih dulu menjadi tuan rumah dalam laga leg 1 yang rencananya mentas di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Kemenangan akan membuat langkah Persib semakin ringan kala menyambangi markas Madura United dalam laga leg 2 pada Jumat (31/5/2024).

Tak bermaksud memandang remeh Madura United, Bojan Hodak optimistis bisa mengamini asa dan doa Bobotoh.

"Semua pemain tentunya ingin memenangkan final," katanya.

3 dari 5 halaman

Arsitek Madura United Tak Kalah Cemerlang

Persib Bandung boleh-boleh saja bangga dengan pelatih mereka, Bojan Hodak. Namun, Madura United juga punya arsitek tim yang tak kalah cemerlang.

Rakhmat Basuki sebenarnya bukan pelatih kepala. Dia naik pangkat setelah Mauricio Souza memutuskan mengundurkan diri jelang bergulirnya Championship Series Liga 1 2023/2024.

Manajemen sebenarnya belum mau berpisah sembari berharap Mauricio Souza mengubah keputusannya. Akan tetapi, pelatih asal Brasil itu bergeming.

Sebagai gantinya, manajemen kemudian mendapuk asisten pelatih Rakhmat Basuki guna mengisi posisi yang ditinggalkan Mauricio Souza.

Jelas bukan pekerjaan yang ringan, mengingat Mauricio Souza sebelumnya sukses membawa Laskar Sapeh Kerrab finis di posisi keempat klasemen akhir Liga 1 2023/2024.

Namun, keraguan dan ketakutan manajemen dan para fans tak terbkti. Minus Mauricio Souza, Rakhmat Basuki mampu membawa Madura United ke final.

4 dari 5 halaman

Tidak Gentar Hadapi Persib

Pria asal Pamekasan itu mampu meyakinkan semua pemainnya, terlebih pilar inti, bahwa mereka bisa menyingkirkan Borneo FC di semifinal dan itu terbukti.

Jelang partai puncak versus Persib, Rakhmad Basuki menegaskan jika Malik Risaldi cs. siap lahir batin bertarung hingga tetes darah terakhir.

Menurut Rakhmad Basuki, Persib Bandung tim yang tangguh. Toh begitu, pasukannya maju tak gentar seperti yang telah mereka perlihatkan kepada Borneo FC.

"Kami akan mencari cara untuk bisa mengalahkan mereka," kata Rakhmad Basuki.

Bojan Hodak atau Rakhmad Basuki yang akan tersenyum di akhir final, mari kita tunggu bersama.

5 dari 5 halaman

Akhir Persaingan di Regular Series BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer