Sukses


Rekor Pertemuan Timnas Indonesia dengan 4 Rival di Grup B Piala AFF 2024: Jangan Sampai Disodok Vietnam, Gengsi Dong!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2024 bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Timnas Laos. Bagaimana rekor pertemuan tim berjulukan Skuad Garuda itu dengan empat lawannya?

Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF 2024 pada 23 November-21 Desember 2024. Skuad Garuda belum pernah menjuarai turnamen dua tahunan ini, hanya enam kali menjadi runner-up.

Berdasarkan data 11v11, Timnas Indonesia sudah berhadapan 29 kali dengan Vietnam. Skuad Garuda masih sedikit dominan dengan meraih sebelas kemenangan, sebelas imbang, dan delapan kekalahan.

Dalam tiga pertandingan terakhir, Timnas Indonesia menyapu bersih Vietnam. Skuad Garuda menang 1-0 di Piala Asia 2023, 1-0 dalam pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan 3-0 di leg kedua.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Dominasi Timnas Indonesia

Lantas, bagaimana head to head Timnas Indonesia dengan Filipina? Merujuk 11v11, Skuad Garuda hanya sekali kalah dari 26 partai yang terjadi pada sepuluh tahun yang lalu.

Sisanya, Timnas Indonesia menang 20 kali atas Filipina dan lima kali seri. Namun, dalam lima pertemuan terakhirnya, Skuad Garuda hanya mampu sekali memetik tiga angka.

Kontra Myanmar, ternyata Timnas Indonesia tidak terlalu mendominasi. Catatan 11v11, kedua kesebelasan berhadapan 16 kali sejak 1996. Skuad Garuda membukukan sembilan kemenangan.

3 dari 7 halaman

Pesta Gol atas Laos

Sementara, Myanmar empat kali mengalahkan Timnas Indonesia. Sisa empat laga lainnya berakhir imbang. Dalam tiga pertandingan belakangan, Skuad Garuda selalu keluar sebagai pemenang.

Sepuluh kali Timnas Indonesia berhadapan dengan Laos sejak 1962 hingga saat ini. Skuad Garuda sembilan kali menang dengan mayoritas dengan pesta gol dan sekali seri.

Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Laos terjadi di Piala AFF 2010. Ketika itu, Skuad Garuda membantai dengan enam gol tanpa balas. Dalam dua partai terakhir kontra Laos, Timnas Indonesia selalu menang 5-1.

4 dari 7 halaman

Timnas Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia Menang: 11

Seri: 11

Vietnam Menang: 8

5 dari 7 halaman

Timnas Indonesia Vs Filipina

Timnas Indonesia Menang: 20

Seri: 5

Filipina Menang: 1

6 dari 7 halaman

Timnas Indonesia Vs Myanmar

Timnas Indonesia Menang: 9

Seri: 3

Myanmar Menang: 4

7 dari 7 halaman

Timnas Indonesia Vs Laos

Timnas Indonesia Menang: 9

Seri: 1

Laos Menang: 0

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer