Sukses


5 Pemain ASEAN dengan Nilai Pasar Termahal: Penggawa Timnas Indonesia Dominan, Harga Sesuai Kualitas?

Bola.com, Jakarta - Daftar pemain Asia Tenggara yang masuk dalam kategori termahal kini telah mengalami perubahan. Ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang muncul dan mendominasi daftar ini.

Setidaknya, dari lima nama pemain dengan nilai pasar tertinggi di kawasan ASEAN, distribusinya hanya berada di tiga negara saja. Timnas Indonesia mengirimkan dua nama pemain andalannya dalam daftar ini.

Secara kualitas, pemain-pemain ini memang tak perlu diragukan. Apalagi, sebagian besar sedang meniti karier di kompetisi Eropa. Sehingga, wajar jika nilai pasarnya melambung tinggi dan menjadi yang termahal di ASEAN.

Berikut Bola.com menyajikan lima nama pemain yang berada dalam jajaran amunisi termahal di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Chanathip Songkrain

Bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, masih konsisten menjadi salah satu pemain dengan nilai pasar termahal di Asia Tenggara meskipun sebetulnya angkanya terus mengalami penurunan.

Saat ini, gelandang serang berusia 30 tahun itu bertengger di urutan kelima dengan nilai pasar sebesar satu juta euro. Jika nominal ini dikonversi ke rupiah, nilainya setara dengan Rp17,38 miliar.

Sebetulnya, saat masa-masa kariernya di level tertinggi, pemain ini pernah dihargai dengan nilai pasar sebesar Rp41,72 miliar. Momen itu tepatnya saat dia berkarier bersama klub Jepang, Hokkaido Consadole Sapporo pada 2017-2019.

3 dari 6 halaman

Supachai Jaided

Selain Chanathip, penyerang Timnas Thailand lainnya yang juga masih konsisten menjadi pemain termahal ialah Supachai Jaided. Bedanya, penyerang berusia 25 tahun ini nilainya terus mengalami peningkatan.

Seiring berkembangnya karier pemain andalan Timnas Thailand itu, nilai pasarnya juga ikut terangkat. Kini, harganya berada di puncak tertinggi dengan nilai satu juta euro atau setara dengan Rp17.38 miliar.

Bukan tidak mungkin, nilai ini bakal terus terkatrol. Apalagi, penyerang andalan Timnas Thailand itu sedang memasuki masa-masa keemasan dalam kariernya.

4 dari 6 halaman

Sandy Walsh

Berikutnya, giliran Timnas Indonesia yang mengirimkan perwakilannya untuk mengisi jajaran pemain dengan nilai pasar termahal. Sosok pertama yang muncul yakni bek keturunan Belanda, Sandy Walsh.

Bek kanan yang saat ini berkarier di Liga Belgia bersama KV Mechelen itu sempat menjadi pemain Timnas Indonesia paling berharga karena dibanderol nilai pasar sebesar Rp26,07 miliar.

Dengan nilai sebesar itu, pemain berusia 29 tahun itu menduduki peringkat kedua pemain dengan harga padar termahal di skuad Merah Putih.

5 dari 6 halaman

Gerrit Holtmann

Perwakilan dari Timnas Filipina turut mengambil satu tempat dalam daftar ini. Posisi pemain dengan harga pasar termahal kedua ditempati oleh Gerrit Holtmann. Sosok ini memang terhitung mentereng.

Sebab, winger keturunan Jerman-Filipina itu punya harga pasar yang tinggi karena mencapai 1,2 juta euro. Angka ini setara dengan Rp34 miliar apabila nilainya dikonversi ke rupiah.

Nilai fenomenal ini sebetulnya tak mengagetkan. Karena, dia menghabiskan banyak kariernya di Liga Jerman. Untuk saat ini, pemain berusia 29 tahun itu menjalani masa pinjaman bersama Darmstadt 98.

6 dari 6 halaman

Thom Haye

Status sebagai pemain Asia Tenggara dengan nilai pasar tertinggi kini menjadi milik gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya.

Pemain kelahiran Belanda berusia 29 tahun itu dibanderol dengan nilai pasar sebesar tiga juta euro. Apabila disetarakan dengan mata uang rupiah, nominalnya mencapai Rp52,14 miliar.

Angka yang tergolong fenomenal ini sebetulnya tak begitu mengejutkan. Pasalnya, Thom Haye sudah menghabiskan beberapa musim terakhir di kasta tertinggi Liga Belanda bersama sejumlah klub.

Sumber: Transfermarkt

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer