Sukses


Curhatan Angel Alfredo Vera Setelah Gagal Bawa RANS Nusantara Bertahan di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Kebersamaan Angel Alfredo Vera dan RANS Nusantara FC sudah berakhir pada pengujung musim 2023/2024. Kontraknya tak berlanjut lantaran The Prestige Phoenix terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Pelatih asal Argentina itu bergabung dengan RANS Nusantara per 30 Maret 2024. Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu menggantikan posisi Eduardo Almeida yang hengkang di tengah kompetisi.

Alfredo Vera kemudian menjalani debut ketika timnya bersua Persis Solo pada pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah (30/3/2024).

Artinya, arsitek berusia 51 tahun itu hanya sebulan saja menjabat sebagai head coach klub milik Raffi Ahmad tersebut. Ketika itu, Alfredo Vera datang saat kondisi tim tengah terpuruk. The Prestige Phoenix terseok-seok di papan bawah.

Angel Alfredo Vera diharapkan mampu menyelamatkan RANS Nusantara dari jurang degradasi. Namun, pada akhirnya target tersebut gagal dipenuhi juru taktik kelahiran 18 Agustus 1972 tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tidak Cukup Waktu

RANS Nusantara terlempar dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, setelah menempati posisi ke-16 klasemen akhir Reguler Series BRI Liga 1. Mereka cuma mengumpulkan 35 poin dengan rincian meraih delapan kemenangan, 11 imbang, dan 15 kalah.

Hasil itu tidak cukup menolong Paulo Sitanggang dkk. untuk bertahan di kasta tertinggi. Mantan bek PSS Sleman itu akhirnya buka suara mengenai kegagalan menyelamatkan tim dari lubang jarum. Apa katanya?

"Saya pikir saya pegang RANS Nusantara di momen mental tim down dengan waktu sangat mepet. Jadwal sangat padat karena kami main empat pertandingan di 13 hari," ujarnya kepada Bola.com, Jumat (24/5/2024).

"Tidak ada waktu untuk persiapan dan kenal pemain-pemain dengan baik," sambung Angel Alfredo Vera.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Dihentikan

Ya, ketika itu BRI Liga 1 memang sempat ditunda selama dua pekan karena agenda Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pekan ke-31 baru bergulir pada pertengahan April 2024.

Dalam rilis terbaru, setiap tim dihadapkan dengan jadwal yang begitu padat. Tak terkecuali RANS Nusantara. Sebab, mereka harus melakoni empat pertandingan dalam kurun waktu 13 hari saja. Recovery pemain jelas menjadi kendala utama The Prestige Phoenix yang saat itu tengah berjuang keras lepas dari jerat degradasi.

Angel Alfredo Vera menyebut situasi itu sangat berat buat jajaran tim pelatih. Utamanya dalam membangun skuad yang lebih solid di empat laga tersisa. Belum lagi, saat itu RANS Nusantara harus ditinggal beberapa pemain kunci karena cedera.

 

4 dari 5 halaman

Terbentur Regulasi

Gagal membawa RANS Nusantara bertahan di Liga 1, Angel Alfredo Vera merasa masih memiliki hutang kepada manajemen The Prestige Phoenix. Andai tak terbentur regulasi, dia sebetulnya sangat ingin kembali menukangi Magenta Force di Liga 2 musim depan.

"Tentu saya tertarik untuk latih RANS tapi harus tahu regulasi Liga 2 juga. Ya kalau boleh pelatih asing di Liga 2 saya siap bantu RANS Nusantara untuk naik lagi ke Liga 1," katanya.

"Saya ingin sekali bantu tim dari nol. Semoga bisa, kalau tidak bisa saya tetap berharap RANS Nusantara bisa lolos lagi ke Liga 1," pungkas Alfredo Vera.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Reguler:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer