Sukses


Cerita Diego Sinathrya: Bicara Target di Timnas Indonesia U-16 dan Pengalaman Menimba Ilmu di Akademi PSG

Bola.com, Jakarta - Membela tim nasional adalah impian terbesar setiap pesepak bola. Tak terkecuali bagi Diego Sinathrya. Gelandang berusia 15 tahun itu termasuk 34 pemain yang dipanggil pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas Indonesia U-16.

Diego Sinathrya sejak awal Mei gabung pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di Yogyakarta. Agenda itu merupakan bagian dari persiapan tim besutan Nova Arianto tersebut di Piala AFF U-16 2024.

Timnas Indonesia U-16 tidak lama lagi berlaga di Piala AFF U-16 2024. Turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu berlangsung di Solo, Jawa Tengah mulai 24 Juni-4 Juli mendatang.

Mendapat kesempatan gabung pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16, tentu menjadi momen berharga putra kedua pasangan artis Darius Sinathrya dan Donna Agnesia itu.

Dia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan dan berjanji akan bekerja ekstrakeras dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bawa Garuda Terbang Tinggi

Mimpi Diego Sinathrya sama seperti pemain lain. Pemain dengan posisi gelandang yang lahir pada 5 Mei 2009 itu ingin memperkuat dan mempersembahkan trofi untuk Tim Merah-Putih.

Namun, sebelum mewujudkan itu semua, target terdekat yang kudu dicapai yakni lolos seleksi terlebih dulu. Sebab, nantinya hanya 23 pemain saja yang bakal dibawa ke Solo.

"Target pribadi tentunya ingin juara ya pas Piala AFF. Namun, yang terdekat lolos dulu ke skuad tim nasional, lakukan yang terbaik. Baru fokus lagi bareng tim," ujar Diego kepada Bola.com.

"Semoga bisa main di Piala AFF dan melakukan yang terbaik di AFF juga. Terus target kita juga di Kualifikasi Piala Asia, Oktober nanti. Baru target selanjutnya nanti kita pikirin lagi bareng tim," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Pengalaman di Akademi PSG

Pemain bernama lengkap Diego Andres Sinathrya itu kini tengah menimba ilmu di Akademi Paris Saint-Germain (PSG). Diego tidak sendiri. Sang kakak, Lionel Nathan juga mengenyam sekolah sepak bola di sana.

Diego Sinathrya membeberkan pengalaman berkesan selama berguru di akademi PSG. Apa katanya?

"Pengalaman di PSG baik sih, lingkungannya beda dengan di sini. Saya juga harus adaptasi dengan cuaca, dingin," ungkap Diego Sinathrya.

"Terus saya main di kategori usia dua tahun di atas. Lebih menantang pastinya, tapi aku bersyukur ada kakak juga di sana buat bantu adaptasi, jadi lebih enak lah," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Berlatih dan Uji Coba

Selama di Yogyakarta, Garuda Muda berlatih di dua lokasi berbeda: Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman dan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Latihan digelar dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

Tidak hanya menggeber latihan, mereka juga menggelar rangkaian uji coba. Pekan lalu, Timnas Indonesia U-16 melakoni latih tanding melawan akademi Cilo Sportivo Magelang.

Kemudian pada Sabtu (25/5/2024) pagi WIB, Garuda Muda menjajal kekuatan PSS Sleman U-16 di Lapangan YIS, dan berhasil meraih kemenangan 5-1. Setelah ini, giliran SSB Terang Bangsa yang akan menjadi lawan mereka.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer