Sukses


Kiprah Pemain Abroad Timnas Indonesia di Kompetisi Kasta Kedua Liga Belanda: Rafael Struick Promosi bersama ADO Den Haag U-21

Bola.com, Jakarta Dua pemain muda Timnas Indonesia telah menyelesaikan musim di kompetisi kasta kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie 2023/2024. Mereka adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Ivar Jenner bermain untuk Jong Utrecht, sedangkan Rafael Struick membela ADO Den Haag dan tim U-21. Pekan terakhir Eerste Divisie 2023/2024 resmi berakhir pada 11 Mei 2024.

Pada musim ini, Ivar Jenner mencatat 11 pertandingan dan satu assist bersama Jong Utrecht. Sementara Rafael Struick mengepak tiga penampilan di tim utama ADO Den Haag serta delapan laga di tim U-21.

Sayangnya, duo pemain andalan Timnas Indonesia itu menuai nasib berbeda di Eerste Divisie musim ini. Klub yang dibela Ivar Jenner harus memungkasi kompetisi di dasar klasemen atau peringkat ke-20 dengan nilai 26.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hanya Meraih 5 Kemenangan

Jong Utrecht memang tampil buruk sepanjang musim ini. Mereka bahkan cuma mampu mendulang lima kemenangan saja dari 38 pertandingan. Sementara 11 laga di antaranya berakhir imbang dan menelan 22 kekalahan.

Sebetulnya, pada awal musim Ivar Jenner sempat menjadi andalan tim besutan Ivar van Dinteren tersebut. Namun, gelandang berusia 20 tahun itu terpaksa menepi sejak pekan kelima dan absen selama kurang lebih tiga bulan akibat cedera.

Secara keseluruhan, Ivar Jenner tampil dalam 887 menit bermain bersama Jong Utrecht pada musim ini. Dia juga membuat satu umpan gol saat berhadapan dengan FC Emmen (15/3/2024).

3 dari 4 halaman

Senior Finish 5 Besar, U-21 Promosi

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick dan ADO Den Hag U-21, meraih tiket promosi ke kasta tertinggi kompetisi U-21 Belanda.

Struick menjadi starter saat ADO Den Hag melawan SC Heerenven U-21, Sabtu (19/5/2024).

Kemenangan ADO Den Hag berkat gol tunggal Enoch George dan memastikan mereka naik kasta setelah terdegradasi enam bulan lalu. 

Sementara itu, ADO Den Haag senior finish lima besar klasemen akhir Eerste Divisie 2023/2024. Klub berjulukan The Hugue itu membukukan 63 poin. Hasil dari 17 menang, 12 imbang, dan sembilan kalah.

ADO Den Haag sebenarnya punya peluang promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie musim depan. Hanya saja, mimpi itu harus kandas lantaran keok dalam semifinal play-off melawan Excelsior.

Mereka tersingkir dari persaingan seusai kalah dengan agregrat 2-9. Para leg pertama, ADO Den Haag tumbang 1-2. Kemudian di pertemuan kedua dihajar Excelsior dengan skor telak 1-7, Minggu (26/5/2024).

4 dari 4 halaman

Gabung Timnas Indonesia

Setelah ini, Ivar Jenner dan Rafael Struick akan bertolak ke Tanah Air. Mereka mendapatkan panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim Merah-Putih menjalani dua pertandingan tersisa di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Garuda akan bertanding melawan Timnas Irak dan Timnas Filipina.

Timnas Indonesia menjamu lawan-lawannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Armada Shin Tae-yong tersebut bersua Timnas Irak lebih dulu pada 6 Juni 2024. Lima hari berselang, giliran Timnas Filipina yang bertandang ke Jakarta.

Shin Tae-yong telah memanggil 22 pemain sebagai persiapan ajang tersebut. 13 nama di antaranya adalah personel naturalisasi plus lokal yang saat ini berkompetisi di luar negeri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer