Sukses


Deretan Pencetak Gol Timnas Indonesia Sepanjang Tahun 2024, Siapa Bakal Menyusul Nih?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia telah memunculkan sederet nama pemain yang sukses mencetak gol sepanjang tahun 2024. Daftar ini berpotensi bertambah pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Setidaknya, sejauh ini sudah ada delapan nama pemain yang sukses mengukir namanya di papan skor saat memperkuat Timnas Indonesia pada berbagai ajang yang tersaji sepanjang tahun 2024. 

Menariknya, tak ada pemain yang bisa mencetak lebih dari satu gol di tahun ini. Artinya, masing-masing penyumbang gol ini hanya bisa sekali menjebol gawang lawan. Catatan ini berpeluang mengalami perubahan pada Juni nanti.

Pasalnya, skuad Garuda bakal menghadapi dua laga terakhir Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan. Laga pertama menghadapi Irak pada 6 Juni 2024, setelah itu melawan Filipina pada 11 Juni 2024.

Lalu, siapa saja sosok pemain yang berhasil menyumbangkan gol untuk skuad Merah Putih sepanjang tahun 2024 ini? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Uji Coba Jelang Piala Asia 2024

Sebelum menghadapi Piala Asia 2024, Timnas Indonesia sempat menggelar tiga pertandingan uji coba saat menggelar pemusatan latihan (TC), baik itu yang berlangsung di Turki maupun Qatar.

Pada tiga laga latih tanding ini, skuad Garuda terhitung seret gol. Sebab, hanya ada satu gol saja yang sukses dihasilkan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan, tepatnya saat tumbang melawan Libya dengan skor 1-2.

Saat itu, satu-satunya gol dicetak oleh Yakob Sayuri. Sementara itu, dua laga lainnya tak menghasilkan gol. Malahan, Timnas Indonesia menjadi bulan-bulanan lawan, yakni saat menghadapi Libya (0-4) dan Iran (0-5).

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Gol Piala Asia 2023

Produktivitas gol Timnas Indonesia juga termasuk seret ketika sudah terjun di Piala Asia 2023. Dari total empat pertandingan di kejuaraan yang berlangsung di Qatar ini, skuad Garuda hanya bisa mencetak tiga gol.

Gol yang pertama dicetak oleh Marselino Ferdinan ketika kalah 1-3 dari Irak pada laga pertama Grup D. Pada laga kedua, gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat titik putih membawa Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

Ketika memasuki laga terakhir, Indonesia hanya bisa mencetak satu gol lewat Sandy Walsh saat digebuk Jepang 1-3. Adapun pada laga 16 besar, skuad Garuda tak bisa menjebol gawang lawan ketika digasak Australia empat gol tanpa balas.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Catatan gol anak asuh Shin Tae-yong mengalami perbaikan ketika menghadapi lanjutan GruP F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menghadapi Vietnam, skuad Garuda bisa menyapu bersih dua laga dengan kemenangan.

Saat menang pada pertemuan pertama dengan kedudukan 1-0, Egy Maulana Vikri menjadi satu-satunya pemain yang sukses mengukir namanya di papan skor dalam duel yang bergulir di SUGBK.

Lalu, ketika skuad Merah Putih berpesta gol di markas Vietnam dengan skor 3-0, tiga penyumbang golnya ialah Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’), dan Ramadhan Sananta (90+8’). Untuk dua nama yang disebut paling awal, ini adalah gol debut mereka untuk skuad Garuda.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pencetak Gol Timnas Indonesia Sepanjang 2024

  • Uji Coba: Timnas Indonesia vs Libya (0-4): - 
  • Uji Coba: Timnas Indonesia vs Libya (1-2): Yakob Sayuri (6’)
  • Uji Coba: Timnas Indonesia vs Iran (0-5): -
  • Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Irak (1-3): Marselino Ferdinan (37’)
  • Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Vietnam (1-0): Asnawi Mangkualam (42’)
  • Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Jepang (1-3): Sandy Walsh (90+1)
  • Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Australia (4-0): -
  • Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia vs Vietnam (1-0): Egy Maulana Vikri (52’)
  • Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia vs Vietnam (3-0): Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’), Ramadhan Sananta (90+8’)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer