Sukses


Beberkan Kelebihan dan Kekurangan, Pemain Keturunan di Liga Portugal Siap Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Setelah Belanda, kini pemain keturunan Indonesia yang bermain di Portugal siap kembali ke Tanah Air demi memberikan kontribusi bagi tim nasional (timnas).

Kali ini, kita akan akan membahas Danilson Silva. Pemain bernama lengkap Danilson Soares Silva saat ini merumput bersama SC Olhanense di kasta kelima Portugal, Liga Algavre.

Berusia 22 tahunm Danilson Silva bisa bermain di dua posisi sekaligus yakni gelandang bertahan dan gelandang serang.

Sebelum terbang ke negara Cristiano Ronaldo, pemain berpostur 180 cm itu pernah tercatat sebagai pemain klub Belanda yakni Feyenoord U-17, Feyenoord Youth, Excelsior Jeugd, dan Excelsior U-21.

Darah Indonesia mengalir dari neneknya. Lahir di Bandung, sang nenek kemudian memutuskan hijrah ke Negeri Kincir Angin saat masih berusia sembilan tahun dan menetap di sana hingga kini.

Kran naturalisasi yang digalakkan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dalam dua tahun terakhir memantik keinginan Danilson Silva untuk mengikuti jejak Rafael Struick, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On untuk secepatnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Rafael Struick dan kawan-kawan baru saja sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala Asia 2023 2024, sebuah pencapaian yang belum pernah diraih sebelumnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Beberkan Kekuatan dan kekurangan

Via akun YouTube Yussa Nugraha, Danilson Silva membeberkan kualitasnya di lapangan hijau. Ini jelas sinyal kepada PSSI dan pelatih Shin Tae-yong kalau dirinya sosok yang tepat mengisi barisan serang timnas.

"Kekuatanku adalah jadilah pemimpin. Aku seorang pemimpin, dengan pakai atau tidak pakai ban kapten. Operan terobosanku juga sangat bagus," kata Danilson Silva.

Danilson Silva tipe pemain yang terus mengoreksi diri, terlebih soal kelemahan. "Aku pikir, aku harus memperbaiki duel di udara. Aku cukup pintar jadi aku berusaha untuk menghindari duel dan aku rebut bola saat lawan mau passing. Aku juga punya tendangan yang bagus," ujarnya.

Danilson Silva berharap bisa secepatnya dinaturalisasi. Maklum, 1/4 darahnya berasal dari Indonesia. "Sejak nenek menjelaskan semuanya tentang Indonesia, kebanggaanku tentang Indonesia langsung muncul," ujar Danilson Silva dengan ucapan penuh semangat.

 

3 dari 3 halaman

Bangga Banyak Pemain Keturunan Membela Timnas Indonesia

Terkait perkembangan timnas, Danilson Silva ikut bangga. "Permainan terus meningkat dan aku pikir mereka semakin bagu," katanya.

Keputusan sejumlah pemain keturunan untuk memilih Timnas Indonesia dianggap Danilson Silva sebagai keputusan yang tepat.

"Aku benar-benar senang karena dulu kalau pemain itu berdarah Belanda - Indonesia, banyak yang memilih Timnas Belanda," ujarnya sembari menambahkan kalu dirinya juga bisa mengikuti jejak Rafael Struick cs.

"Menurutku lebih bagus kalau membela timnas di mana orang kita lahir karena itu adalah kebanggaan. Tapi setiap orang punya pendapatnya sendiri," pungkas Danilson Silva.

Video Populer

Foto Populer