Sukses


BRI Liga 1: PSIS Resmi Perpanjang Kontrak Gilbert Agius, Dapat Peran Baru Adopsi Gaya Eropa

Bola.com, Semarang - Manajemen PSIS Semarang akhirnya mengumumkan secara resmi perpanjangan kontrak pelatihnya, Gilbert Agius, setelah berakhirnya musim reguler BRI Liga 1 2023/2024.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengatakan bahwa Gilbert Agius mendapatkan perpanjangan kontrak dengan durasi satu musim. Tak hanya perpanjangan kontrak, pelatih asal Malta itu juga dapat peran baru.

Kini, Gilbert akan menjabat sebagai manager-coach. Hal ini sekaligus menambah kewenangannya sebagai nakhoda Mahesa Jenar. Selain memimpin tim, dia akan terlibat dalam penyusunan tim dan proses perekrutan.

“Hari ini, kami mengumumkan bahwa PSIS Semarang telah memperpanjang kontrak Gilbert Agius selama satu musim ke depan,” kata Yoyok Sukawi melalui keterangan resmi, Rabu (29/5/2024).

“Namun, tugasnya akan bertambah, yakni jadi manager-coach. Hal ini dilakukan karena kami mengadopsi bagaimana struktur tim kepelatihan yang ada di Eropa,” tambahnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kinerjanya Memuaskan

Yoyok menjelaskan, hasil kerja mantan pelatih asal Malta itu selama satu setengah musim menangani Mahesa Jenar cukup memuaskan. Ini menjadi salah satu pertimbangan manajemen melanjutkan kerja sama dengan Gilbert.

Tak hanya itu, Yoyok juga menilai adanya perubahan karakter bermain yang diperlihatkan Septian David Maulana dkk selama berada di bawah komando pelatih berusia 50 tahun tersebut.

“Semoga dengan diperpanjangnya kontrak Coach Gilbert dapat membawa PSIS lebih baik. Karena, selama satu setengah musim ini, manajemen menganggap Gilbert mampu membawa PSIS lebih berkarakter dalam bermain,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Berbagi Tugas

Dengan peran baru ini, Gilbert bakal memiliki lebih banyak kewenangan. Saat kompetisi musim 2024/2025 dimulai, pelatih asal Malta itu bakal memiliki kuasa untuk menyusun program tim secara penuh.

Saat ini, Gilbert telah membagi tugas kepada jajaran asisten pelatihnya untuk melakukan scouting. Pemantauan pemain asing dipimpin langsung oleh Gilbert, sedangkan scouting pemain lokal dipercayakan kepada Eko Purdjianto dan Muhammad Ridwan.

Saat ini, Mahesa Jenar telah memberikan kesempatan trial kepada enam pemain asing, antara lain Adam Mitter (Inggris), Roger Bonet (Spanyol), Reza Heidari (Finlandia), Deri Corfe (Inggris), Gabriele Rolando (Italia), dan Yevhen Bokhasvhili (Ukrainia).

4 dari 4 halaman

Prestasi Musim Lalu

Kiprah Gilbert Agius pada musim keduanya bersama PSIS Semarang memang termasuk oke. Dia berhasil mengantarkan Septian David Maulana dkk bersaing di papan atas klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

Sayangnya, PSIS terganjal berbagai kendala untuk menembus championhsip series. Selain harus terusir dari Stadion Jatidiri, Mahesa Jenar juga kehilangan dua pemain asingnya, Carlos Fortes dan VItinho, di pertengahan musim.

Video Populer

Foto Populer