Sukses


Jelang Ulang Tahun, Manajemen Ziarah ke Makam Pendiri Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-97 pada bulan ini. Tepat pada 18 Juni 2024, klub berjulukan Bajul Ijo itu akan berusia 97 tahun.

Mengawali bulan ini, manajemen klub memutuskan berziarah ke makam pendiri Persebaya, Mas Pamoedji, di Makam Karang Tembok, Surabaya, Sabtu (1/6/2024) siang.

Manajemen Persebaya diwakili oleh direktur operasional Candra Wahyudi, manajer tim Yahya Alkatiri, manajer store Arief Rachman Hakim, dan sekretaris tim Ram Surahman.

Mereka memasuki area pemakaman dan menabur bunga di pusara Mas Pamoedji. Tak lupa, ada doa bersama untuk mendiang yang telah berjasa mendirikan Persebaya.

"Bulan Juni ini bulannya Persebaya, karena Persebaya memang lahir di bulan Juni. Karena itu kami dari manajemen Persebaya mengawali peringatan 97 tahun, hari ini dengan bersiarah ke makamnya almarhum Bapak Pamoedji, yang memang kita kenal bersama sebagai pendiri Persebaya 97 tahun yang lalu," kata Candra Wahyudi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kirim Doa

Dia mengirim doa kepada sang pendiri klub asal Kota Pahlawan itu sebagai wujud mengingat kepada sejarah lahirnya klub yang sekarang mereka bela itu. Mereka juga menabur bunga di pusara almarhum.

Tercatat dalam batu nisan mendiang, M. Pamoedji lahir di Blitar pada 28 Februari 1905. M. Pamoedji meninggal di Surabaya pada 23 Oktober 1951 dan tercatat pernah menjadi Residen Surabaya.

Sejumlah suporter Persebaya, Bonek, juga hadir dalam ziarah ini. Mereka ikut menyaksikan momen klub itu mengawali bulan Juni yang akan jadi awal baru bagi Bajul Ijo untuk menatap musim depan.

"Jadi ini akan menjadi awal dari rangkaian bulan Persebaya. Akan ada beberapa program yang kamo lakukan di bulan Juni. Ada beberapa kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan supporter," ujar Candra Wahyudi.

 

3 dari 3 halaman

Pendiri Persebaya

Mas Pamoedji sendiri diketahui merupakan sosok yang ikut mendirikan Persebaya bersama Paijo pada 18 Juni 1927. Saat itu, mereka menggunakan nama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIV) sebelum akhirnya berubah nama.

SIVB sendiri lantas memiliki peran penting berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia alias PSSI pada 19 April 1930.

Selain itu, terdapat beberapa klub lain yang ikut membidani kelahiran PSSI, yaitu VIJ Jakarta (Persija Jakarta), BIVB Bandung (sekarang Persib Bandung), IVBM (sekarang PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), PSM (PSIM Yogyakarta).

Pertemuan sebanyak tujuh klub itu digelar digelar di Societeit Hadiprojo Yogyakarta tersebut, SIVB diwakili oleh Mas Pamoedji.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer