Sukses


Gabung Latihan Timnas Indonesia, Malik Risaldi Tak Sempat Minta Wejangan Fachruddin Aryanto

Bola.com, Jakarta - Hasil tak akan mengkhianati usaha. Istilah tersebut rasanya tepat menggambarkan perjuangan winger Madura United, Malik Risaldi di BRI Liga 1 2023/2024.

Walaupun timnya gagal meraih gelar juara, permainan apiknya sepanjang musim ini mendapatkan pengakuan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Malik diundang bergabung ke pemusatan latihan skuad Garuda di Jakarta. Ia menggantikan Yance Sayuri yang mengalami cedera di hari pertama.

Pria asal Surabaya itu menjalani musim terbaiknya sebagai pesepak bola profesional. Malik Risaldi berhasil mengemas 13 gol dan 4 assist untuk membawa Madura United sebagai finalis musim ini.

"Alhamdulillah sangat bersyukur dikasih kesempatan membela Timnas Indonesia. Saya hanya ingin berusaha menampilkan yang terbaik kepada coach Shin. Tapi main atau tidak terserah beliau," ucap Malik Risaldi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Sempat Minta Wejangan

Namun, Malik Risaldi rupanya belum sempat bertanya suasana pemusatan latihan Timnas Indonesia kepada seniornya, Fachruddin Wahyudi Aryanto.

Kapten Madura United itu diketahui sempat menjadi andalan di lini pertahanan tim Merah Putih. Sebelum perannya terpinggirkan dengan kehadiran pemain-pemain naturalisasi.

"Mungkin karena mepet pengumumannya sebelum final. Jadi belum sempat tanya-tanya banyak ke kapten (Fachruddin). Kami fokus final dulu," ucapnya.

"Kalau kata teman-teman banyak yang bilang coach Shin latihannya keras. Tetapi enggak apa-apa, itu artinya harus segera beradaptasi dengan cepat," sambung Malik.

3 dari 4 halaman

Debut Lawan Tanzania?

Timnas Indonesia bakal menjalani partai uji coba menghadapi Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024) sore WIB, dan tentu Malik Risaldi ingin menjalani debut pada pertandingan nanti.

Dia pun tak gentar walau harus bersaing dengan pemain naturalisasi macam Ragnar Oratmangoen maupun Rafael Struick untuk menghuni pos di lini depan. Dia merasa itu kesempatan bagus untuk menimba ilmu dari mereka.

"Kalau saya pribadi mungkin lebih termotivasi dengan adanya naturalisasi. Kami banyak belajar, mengambil ilmu dari mereka. Tetapi saya hanya ingin menunjukkan yang terbaik ke Coach Shin," tandasnya.

 

4 dari 4 halaman

Impian Terdalam Terwujud

Sementara itu, sang istri Chofifah merasa bangga dengan pemanggilan tersebut. Dirinya berharap suaminya mampu membuktikan kemampuan terbaiknya.

"Bangga, suami sudah bisa masuk timnas. Sudah dari lama pas dia masih di Persegres Gresik United, tahun 2015 lalu. Dia bilang ingin masuk ke Timnas," ungkapnya.

"Jadi ya Alhamdulillah, bersyukur melihat perjuangan suami dari 2015 sampai sekarang akhirnya bisa masuk ke timnas," tutup wanita asal Gresik itu.

 

Video Populer

Foto Populer