Sukses


Bahagia Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2027, Thom Haye Takjub pada Suporter Garuda

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat kemenangan 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F. Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB. Namun posisi Garuda tidak tergoyahkan di runner-up Grup F dengan 10 poin.

Irak sendiri sudah pasti jadi juara Grup F. Sedangkan Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya akan mengemas sembilan poin saja.

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, terlihat masih tidak percaya membawa timnya memenangkan laga ini. Sebab, status runner-up membuat tim Merah Putih menembus babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan putaran final Piala Asia 2027.

“Perasaan saya sulit digambarkan setelah pertandingan malam ini. Rasanya sangat luar biasa kami bisa memenangkan pertandingan penting,” ucap Thom Haye dalam wawancara setelah pertandingan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Perasaan Luar Biasa

Thom Haye sendiri mampu tampil penuh selama 90 menit dalam pertandingan ini. Dia bahkan mencetak gol pertama lewat sepakan kerasnya yang gagal diantisipasi oleh kiper Kevin Ray Mendoza di menit ke-32.

Rizky Ridho kemudian menambah keunggulan lewat sundulannya di menit ke-56 setelah memanfaatkan sepakan bebas Nathan Tjoe-A-On.

Thom Haye layak meraih predikat man of the match dalam pertandingan. Dia adalah motor serangan Timnas Indonesia yang tampil cemerlang meraih kemenangan dua gol tanpa balas.

“Kami bangga bagaimana kami bertarung dengan semua orang. Saya pikir kami bisa bangga satu sama lain dan perasaan bersama ini sungguh luar biasa,” ucap Thom Haye.

 

3 dari 3 halaman

Takjub pada Suporter Timnas Indonesia

Pemain yang berkarier di Belanda itu juga takjub dengan dukungan suporter yang datang ke stadion. Atmosfer SUGBK sangat kental dengan sumbangan moril untuk Thom Haye dkk. yang wajib memenangi laga ini.

“Ya, sejak saya datang ke sini, dukungannya luar biasa. Saya pikir hari ini juga sejak menit pertama, seluruh stadion memberikan dukungan yang sangat bagus dan indah,” tuturnya.

Timnas Indonesia pun sudah memastikan satu tempat di Piala Asia 2027 yang akan digelar di Arab Saudi. Sedangkan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang.

Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat untuk delapan kuota AFC. Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Untuk saat ini, belum diketahui kapan undian pembagian grup akan dilakukan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer