Sukses


5 Kandidat Lawan Timnas Indonesia usai Memastikan Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Siap-siap Ketemu Son Heung-min

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian ini didapat usai anak asuh Shin Tae-yong mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 hari Selasa malam WIB (11/06/2024). 

Pada drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Marselino Ferdinan dkk. dipastikan masuk Pot 6 alias kategori tim lemah.

Artinya, Timnas Indonesia sudah tentu bersua dengan tim-tim yang secara ranking lebih tinggi. Nah, pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, ada tiga grup yang berisikan masing-masing enam tim.

Maka demikian, Timnas Indonesia sudah pasti akan berhadapan dengan tim-tim dari Pot 1 hingga 5. Siapa saja ya kira-kira?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Negara-negara di Pot 1

Pot 1 berisikan Iran, Jepang, dan Korea Selatan. Satu di antaranya bakal jadi lawan Timnas Indonesia.

Semua negara di atas jelas memiliki kekuatan di atas Timnas Indonesia. Jepang misalnya, menyisakan luka menyusul kemenangan 3-1 mereka atas Justin Hubner cs pada Piala Asia 2023.

Iran dan Korea Selatan pun demikian. Di level senior, Timnas Indonesia acap kali jadi bulan-bulanan dua tim papan atas tersebut.

Artinya ada kemungkinan Shin Tae-yong bertemu negara asalnya dan pemain top mereka, Son Heung Min tentunya bakal jadi tantangan menarik. 

 

3 dari 6 halaman

Negara-negara di Pot 2

Di Pot 2 ada tiga tim yang juga tak mudah dikalahkan. Qatar adalah negara yang sedang berkembang di banyak aspek, termasuk sepak bolanya.

Arab Saudi juga telah lama jadi mimpi buruk Timnas Indonesia. Sedangkan Australia, meski di level U-23 pernah takluk 0-1 bulan lalu, pernah jadi mimpi buruk Merah Putih saat menang telaki 4-0 pada Piala Asia 2023.

 

4 dari 6 halaman

Pot 3

Irak dan Uzbekistan bisa jadi dua tim dari Pot 3 yang bakal dihindari Timnas Indonesia. Kedua tim adalah mimpi buruk tim U-23 karena merekalah yang mengubur mimpi lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Adapun satu tim dari Pot 3 yang berpeluang jadi lawan Timnas Indonesia adalah Uni Emirat Arab. Sepertinya mereka lebih bisa diimbangi ketimbang Irak dan Uzbekistan.

5 dari 6 halaman

Pot 4

Tiga tim Timur Tengah mengisi Pot 3. Mereka adalah Oman, Yordania, dan Bahrain. Ketiganya sama-sama bukan lawan mudah buat Timnas Indonesia.

Sepak bola Yordania tengah bangkit dalam satu tahun belakangan, sedangkan Bahrain dan Oman seringkali jadi batu sandungan Timnas Indonesia baik di level junior maupun senior.

6 dari 6 halaman

Pot 5

Suriah, Palestina, atau China. Timnas Indonesia dipastikan bakal satu grup dengan satu di antara tiga tim tersebut.

Belakangan China tengah mengalami penurunan prestasi. Bahkan Malaysia bisa menahan imbang China pada fase grup Piala Asia 2023.

Mungkinkah Negeri Tirai Bambu berada satu grup dengan Timnas Indonesia pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia?

Video Populer

Foto Populer