Sukses


3 Pemain Naturalisasi yang Terancam Pengangguran di Liga 1 Musim Depan: Semuanya Alumni Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2024/2025 rencananya akan mulai bergulir pada awal Agustus. Sebanyak 18 tim, termasuk tiga tim promosi yakni PSBS Biak, Malut FC, dan Semen Padang, siap bertarung habis-habisan demi meraih trofi atau paling tidak jangan sampai degradasi.

Adapun jawara musim ini adalah Persib Bandung. Tim yang dijuluki Pangeran Biru tersebut sukses mengakhiri penantian panjang tak pernah juara di kasta tertinggi Liga Indonesia sejak 2014.

Posisi kedua ditempati tim penuh kejutan Madura United, disusul kemudian Borneo FC di peringkat ketiga. Padahal, Borneo merupakan pemuncak klasemen musim reguler Liga 1 2023/2024. 

Jelang bergulirnya musim anyar, semua tim dan seluruh pemain mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hanya saja, ada beberapa nama, termasuk berlabel pemain naturalisasi yang sejauh ini belum ada kepastian terkait klub yang akan dibela.

Artinya, mereka terancam tak bisa tampil karena belum punya klub. Berikut ini dereten pemain naturalisasi yang masih menanti lirikan klub-klub peminat di Liga 1.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Irfan Bachdim (Persik)

Penyerang yang kini berusia 35 tahun itu masih menanti kejelasan terkait masa depannya di Liga 1 2024/2025. Belum ada kepastian apakah pemain naturalisasi kelaharin Amsterdam, Belanda, tersebut masih lanjut bersama Persik Kediri atau tidak.

Musim lalu, Irfan Bachdim hanya tampil dalam 11 laga bersama Tim Macan Putih. Ia baru bergabung pada November 2023, atau paruh musim setelah memutuskan hengkang dari Persis Solo.

Keputusan Irfan Bachdim cabut dari Solo bukan tanpa sebab. Kurangnya menit bermain membuat alumni Timnas Indonesia itu memilih hengkang ke Kediri.

Bisa jadi, Persik butuh sosok striker muda kaya pengalaman dan itu berarti Irfan Bachdim tak lagi masuk skala prioritas manajemen Macan Putih.

Tetapi semua masih bisa terjadi. Artinya, Persik berpeluang mempertahankan Irfan Bachdim guna dijadikan sebagai striker pelapis.

 

3 dari 5 halaman

Kim Jeffrey Kurniawan (PSS Sleman)

Petualangan Kim Jeffrey Kurniawan di blantika sepak bola nasional sepertinya akan berakhir musim ini. Bagaimana tidak, jelang bergulirnya Liga 1 2024/2025 pada awal Agustus mendatang, gelandang berusia 34 tahun tersebut santer diberitakan belum mengantongi kepastian lanjut atau tidak.

Kim Jeffrey bergabung dengan PSS Sleman pada 2021 setelah sekian purnama menjadi bintang Persib Bandung.

Musim lalu, mantan pemain Timnas Indonesia via program naturalisasi tersebut mendapat kepercayaan dalam 30 laga di pentas BRI Liga 1 2023/2024. Hanya saja, torehan golnya masih jauh dari kata memuaskan. Sepanjang musim, Kim hanya mampu mengemas sebiji gol dan sebiji assist pula bagi Tim Super Elja (Super Elang Jawa).

 

4 dari 5 halaman

Greg Nwokolo (Arema)

Usia yang semakin meninggi sepertinya harus memaksa Greg Nwokolo mengucapkan selamat tinggal kepada musim 2024/2025. Tak lagi muda seperti dulu, striker yang punya segudang pengalaman ini kini sudah berusia 38 tahun.

Dengan usia yang kian meninggi, tentunya berat bagi mantan pemain Persija Jakarta, Madura United, dan Persis Solo itu untuk bersaing dengan penyerang-penyerang yang lebih muda.

Musim lalu, mantan striker Timnas Indonesia asal Nigeria tersebut hanya mendapat kesempatan dalam 11 laga bersama Arema sejak diboyong dari Madura United pada Juli 2023.

Kalaupun pada akhirnya Greg Nwokolo, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Irfan Bachdim harus absen di Liga 1 2024/2025, pecinta sepak bola di Tanah Air tak akan pernah melupakan kalau keempat pemain naturalisasi ini pernah menjadi bintang bagi klubnya masing-masing.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer