Sukses


Shin Tae-yong Ungkap Timnas Indonesia Butuh Keajaiban Lolos ke Piala Dunia 2026: Bidik Peringkat 3-4 untuk Bermain di Putaran 4

Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa timnya memerlukan lebih dari kerja keras untuk bermain di Piala Dunia 2026 Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, tapi akan menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih berat daripada putaran kedua.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal membagi 18 negara ke tiga grup dengan masing-masing grup diisi oleh enam kesebelasan dan bermain sepuluh kali secara kandang-tandang.

Pengundian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024. Buntut rendahnya ranking FIFA, Timnas Indonesia kemungkinan bakal masuk pot terakhir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Sebenarnya, ranking FIFA Timnas Indonesia adalah yang terendah di antara 18 negara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Shin Tae-yong sembari tertawa kepada media Korea Selatan, Yonhap.

"Untuk lolos ke Piala Dunia 2026, kami harus berhadap ada keajaiban," ucap arsitek berusia 53 tahun itu.

Di antara 18 peserta putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia yang menempati posisi ke-134 menjadi tim dengan ranking FIFA terburuk kedua setelah Timnas Kuwait ke-139.

3 dari 5 halaman

Jatah 8,5 Tiket untuk Asia

Timnas Indonesia terancam satu grup dengan raksasa-raksasa Asia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 seperti Timnas Jepang, Timnas Korea Selatan, hingga Timnas Iran.

Setidaknya, Shin Tae-yong mengincar posisi ketiga atau keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Asia mendapatkan jatah 8,5 tiket ke Piala Dunia 2026. Enam di antaranya menjadi milik juara dan runner-up grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

4 dari 5 halaman

Putaran demi Putaran

Peringkat ketiga dan keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal melaju ke putaran keempat yang dibagi ke dua grup. Masing-masing grup dihuni tiga kontestan.

Dua juara grup bakal dihadiahi tempat di Piala Dunia 2026, sedangkan dua runner-up grup bermain di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemenang putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan lolos ke play-off antar-konfederasi bersama lima negara dari berbagai konfederasi, kecuali UEFA, untuk memperebutkan dua slot di putaran final.

5 dari 5 halaman

Bersiap untuk Play-off

"Jika ada sekitar tiga tim yang bisa kami lawan dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, kami bisa berusaha untuk finis di posisi ketiga atau keempat," ucap Shin Tae-yong.

"Maka, kami juga bisa berharap untuk putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kami juga mempertimbangkan kemungkinan play-off antar-konfederasi," tuturnya.

Sumber: Yonhap

Video Populer

Foto Populer