Sukses


Pemain Timnas Indonesia di Mata Damian van Dijk: Hanya Kenal Ivar Jenner, Memuji Kualitas Jay Idzes

Bola.com, Jakarta - Pemain Belanda berdarah Indonesia, Damian van Dijk, punya potensi untuk menjadi satu lagi yang bisa dinaturalisasi untuk memperkuat Tim Garuda. Namun, bicara soal pemain-pemain kelahiran Belanda yang sudah memperkuat Timnas Indonesia, Damian van Dijk baru mengenal Ivar Jenner saja.

Masih berusia 20 tahun dan bermain di Telstar, klub level kedua Liga Belanda, Damian van Dijk memiliki potensi yang cukup kuat untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia pada masa yang akan datang. Damian van Dijk memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Bogor.

Sang pemain pun tidak membantah ketertarikannya untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia karena merasa situasinya dengan ayah yang berasal dari Bogor, bisa mempermudahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bicara mengenai banyaknya pemain kelahiran Belanda yang kini memperkuat Timnas Indonesia, ternyata Damian van Dijk tak mengenal semuanya. Hanya Ivar Jenner yang sejauh ini dikenalnya.

"Sebenarnya tidak, karena saya sebenarnya lebih sering menyaksikan Premier League atau liga yang saya ikuti. Beberapa pemain Timnas Indonesia dari Belanda itu bermain di liga yang berbeda," ujar Damian van Dijk kepada Bola.com.

"Saya tahu Ivar Jenner, karena dia juga bermain di liga yang sama dengan saya. Sisanya, saya tidak tahu banyak. Namun, saya melihat mereka sekali atau dua kali ketika bermain untuk Timnas Indonesia," lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Memuji Performa Jay Idzes

 

Bermain di lini pertahanan, Damian van Dijk tentu akan bersaing dengan beberapa pemain yang sudah menjadi andalan di Timnas Indonesia jika nanti benar-benar menjalani sumpah kewarganegaraan dan menjadi WNI.

Dari beberapa pemain yang sudah menjadi andalan di lini pertahanan Timnas Indonesia, Damian van Dijik menaruh perhatian kepada Jay Idzes, pemain kelahiran Belanda yang kini berkarier di Liga Italia bersama Venezia yang baru saja promosi ke Serie A Liga Italia.

"Saya tidak terlalu banyak menonton pertandingan mereka. Saya pikir Jay Idzes sangat bagus," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Mengesampingkan Persaingan, Tekankan Pentingnya Kedalaman Skuad

Damian van Dijk juga mengaku tidak memikirkan tentang persaingan untuk bisa mendapatkan tempat di skuad utama andai nanti bisa membela Timnas Indonesia.

Menurutnya, sebuah tim yang bagus justru memiliki kedalaman skuad, bukan mementingkan persaingan di antara para pemainnya.

"Bagi saya jika Anda melihat tim kuat seperti Inggris dan Prancis, Anda tidak melihat hanya ada satu pemain di setiap posisi. Misalnya ada 20 bek bagus di sana, striker juga begitu, ada 20 striker bagus yang siap dimainkan," ujarnya.

"Semakin banyak pemain bagus yang dimiliki semakin baik untuk tim, sebab semua pemain bersaing ketat untuk dipilih. Bayangkan jika ada sebuah tim yang hanya beberapa pemain saja yang bagus, tentu akan merasa tidak perlu bekerja keras lagi untuk bisa dipilih. Saya pikir, semakin banyak pemain bagus yang ada di tim, semakin bagus juga untuk pemain itu sendiri," lanjutnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer