Sukses


PSSI Pastikan Timnas Indonesia Kembali Berkandang di GBK Mulai Oktober 2024: Rumput Harus Bagus dan Sekelas Euro!

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa Timnas Indonesia akan kembali berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Oktober 2024.

Timnas Indonesia tidak dapat memakai SUGBK untuk satu partai kandang dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 5-10 September 2024.

Timnas Indonesia bakal bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Tim berjulukan Skuad Garuda itu masih menunggu lawan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

AFC akan menggelar drawing untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rumput Harus Oke

Erick Thohir meminta Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno atau PPKGBK untuk memperbaiki rumput SUGBK yang kurang layak sejak beberapa bulan terakhir.

SUGBK kerap dipakai untuk kegiatan non-sepak bola seperti konser musik hingga kampanye sehingga rumputnya rusak dan tidak dapat pulih tepat waktu ketika Timnas Indonesia bertanding.

"Nanti pada Oktober dan November 2024, Timnas Indonesia kembali ke SUGBK," ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024).

3 dari 5 halaman

Membandingkan dengan Euro 2024

Erick Thohir membandingkan rumput SUGBK dengan stadion-stadion yang menjadi tuan rumah Euro 2024 Jerman. SUGBK disebutnya harus bisa mencontoh itu.

"Saya berharap kualitas rumput SUGBK harus dipertanggungjawabkan. Kalau kita melihat Euro 2024, bagus. SUGBK juga mesti sekelas itu," ucap Erick Thohir.

 

4 dari 5 halaman

Permintaan Shin Tae-yong

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga sudah berharap bahwa SUGBK hanya digunakan khusus untuk sepak bola, jangan konser musik.

"Seperti apa yang kita lihat, kondisi rumput kurang baik. Saya berharap di lapangan sepak bola tidak diadakan konser tetapi lebih banyak pertandingan sepak bola," tutur Shin Tae-yong pada 12 Juni 2024.

5 dari 5 halaman

Update Ranking

FIFA merilis peringkat terbaru mereka. Rilis itu dikeluarkan pada Kamis (20/6/2024) sore WIB.Timnas Argentina masih ada di posisi nomor satu dunia. 

Sementara, Timnas Indonesia tak mengalami perubahan peringkat. Tim asuhan Shin Tae-yong saat ini tetap ada di posisi ke-134, atau sama seperti peringkat periode sebelumnya.

Timnas Indonesia menjalani dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sepanjang Juni. Tim Garuda kalah 0-2 dari Timnas Irak dan menang 2-0 atas Timnas Filipina.

Hasil dari dua pertandingan itu membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 5,73 poin. Kini Tim Garuda mengumpulkan 1108,73 poin.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer