Sukses


Hasil RUPS PT LIB: Sah, Liga 1 Musim Depan Pakai 8 Pemain Asing, Tidak Ada Kuota Asia Alias Bebas

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, pada Rabu (26/6/2024).

RUPS PT LIB yang dihadiri oleh pemilik saham yang terdiri dari 18 peserta Liga 1 2024/2025 dan PSSI itu menghasilkan beberapa keputusan.

PT LIB mengesahkan regulasi pemain asing untuk Liga 1 musim depan yang bertambah dari enam pemain menjadi delapan pemain asing.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menjelaskan bahwa pihaknya tidak jadi memberlakukan aturan minimal dua pemain Asia dari delapan pemain asing.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemain Asia Bisa Masuk Kuota Asing

Aturan pemain Asia masuk ke dalam kuota delapan pemain asing. Sederhananya, klub juga diperbolehkan mengontrak pemain Asia, bahkan sampai delapan pemain sekaligus.

"Regulasi pemain, berdasarkan yang sudah ditetapkan, ada delapan pemain asing bebas. Baik itu Asia atau non-Asia," ujar Ferry Paulus.

Ferry Paulus mengatakan bahwa dari delapan pemain asing itu, dibatasi enam yang boleh berada di lapangan. Sisa pemain asing harus duduk di bangku cadangan.

3 dari 5 halaman

Maksimal 6 Pemain Asing di Lapangan

"Delapan pemain asing boleh masuk skuad tapi enam pemain yang bisa bermain. Itu semua bebas. Boleh Asia semua atau non-Asia semua," imbuh Ferry Paulus.

"Untuk pemain asing di bangku cadangan, jika mau bermain, mesti mengganti pemain asing lainnya. Nantinya, setiap klub bisa memasukkan 23 pemain dalam pertandingan," ungkap mantan bos Persija Jakarta ini.

Selain itu, PT LIB dan PSSI mengubah regulasi pemain U-23 menjadi U-22 yang wajib bermain sebagai starter minimal selama 45 menit. "Dulu pemain U-23, sekarang pemain U-22," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Sikap APPI

Presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesional (APPI), Andritany Ardhiyasa, membantah narasi yang berkembang di media sosial terkait pemain lokal takut bersaing dengan pemain asing pada Liga 1 2024/2025.

Andritany bersama APPI dan PSSI Pers baru menggelar diskusi bertajuk "Beyond the Game: Ngobrolin Regulasi Baru Liga Indonesia" di GBK Arena, Jakarta Pusat, pada Selasa (25/6/2024).

"Kalau masalah persaingan ataupun tidak ada persaingan, kami ketika memutuskan untuk turun menjadi seorang profesional, kami itu sudah siap untuk bersaing dengan siapa pun," ujar Andritany Ardhiyasa.

5 dari 5 halaman

Siap Bersaing

"Kami bukan memperjuangkan kita yang ada di sini. Namun, kami memperjuangkan orang-orang yang teman-teman media tidak tahu siapa itu mereka di sana," ungkap kiper Persija Jakarta ini.

"Kalau persaingan, kami siap bersaing dengan siapa pun. Kalau mereka mengatakan bahwa kalian, pemain lokal, takut bersaing, apa semua segala macam, itu enggak... enggak," ucap Andritany Ardhiyasa.

"Tidak semua pemain asing itu tidak bagus. Ada beberapa pemain asing di tiap klub itu tidak perform. Makanya tadi saya bilang ada satu tim yang degradasi, pemain asingnya itu diganti sama pemain lokal," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer