Sukses


Uji Coba dengan Persebaya, Persibo Berharap Ketularan Tuah Promosi ke Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya telah merampungkan laga uji coba melawan Persibo Bojonegoro. Hasilnya, Bajul Ijo sukses menang 2-0 dalam laga bertajuk Anniversary Game itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/6/2024).

Ada fakta menarik yang mengiringi klub-klub Liga 2 saat menerima tawaran uji coba Persebaya sejak 2017. Setelah bertanding dengan Persebaya, klub-klub itu mendapat tiket promosi ke Liga 1.

Hal ini tidak hanya terjadi pada Anniversary Game yang jadi perayaan ulang tahun Persebaya. Tapi juga sejumlah laga uji coba lain yang diadakan oleh Persebaya dalam persiapan pramusim maupun perayaan tertentu.

Pelatih Persibo, Ade Suhendra, menuturkan bahwa pihaknya juga ingin mendapat tuah itu. Setelah Anniversary Game ini, dia berharap Persibo ketularan tren promosi ke Liga 1.

“Ya, saya juga mendengar hal yang sama bahwa tim-tim yang biasa sebagai lawan Persebaya di uji coba biasanya sukses di liga yang diikutinya, yaitu Liga 2,” ucap Ade Suhendra.

“Kami berharap itu juga bisa terjadi pada Persibo sehingga kita bisa naik ke Liga 1 dan bisa nanti satu kompetisi dengan Persebaya,” imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tuah Uji Coba Vs Persebaya

Cerita ini dimulai pada 2017. Persebaya mulanya mengundang PSIS Semarang dalam laga bertajuk Homecoming Game pada 19 Maret 2017. Duel yang berakhir 1-0 itu jadi peringatan kembalinya Persebaya yang baru diakui PSSI per Januari 2017.

Persebaya dan PSIS kemudian sama-sama promosi ke Liga 1 2018. Persebaya jadi juara Liga 2 2017, sedangkan PSIS meraih posisi ketiga.

Berikutnya terjadi anomali saat Persebaya menjamu Persik Kediri dalam Anniversary Game dalam perayaan usia 90 tahun pada 17 Juni 2017. Duel ini berakhir 1-1. Alih-laih ikut promosi ke Liga 1, Persik yang terdegradasi ke Liga 3.

Menariknya, Persik kemudian sukses menjuarai Liga 3 2018 dan Liga 2 2019. Dua titel juara sekaligus promosi langsung ke kasta tertinggi secara beruntun itu membuat Macan Putih masih ada di Liga 1 hingga sekarang.

Persebaya kemudian mengundang PSS Sleman dalam uji coba bertajuk Celebration Game pada 10 Desember 2017. Kali ini hasilnya menang 2-1 untuk Bajul Ijo. PSS Sleman kemudian juara Liga 2 2018 dan masih di Liga 1 sampai hari ini.

 

3 dari 4 halaman

Bahkan Persahabatan Melawan Tim Malaysia

Jika menilik tiga tim promosi itu, terlihat pertandingan persahabatan yang mereka ikuti terjadi selama 2017.

PSIS, Persik, dan PSS juga promosi ke Liga 1 di waktu yang berbeda. Tapi, masih ada satu tim lagi yang kedapatan tuah uji coba dengan Persebaya.

Kali ini, Persebaya mengajak Persis Solo dalam uji coba bertajuk Forever Game pada 11 Januari 2020. Persis pun berhasil menjuarai Liga 2 2021 dan juga masih berkompetisi di Liga 1 bersama Persebaya.

Sayangnya, tuah ini hanya berlaku untuk klub Indonesia. Persebaya sempat beruji coba melawan Sarawak FA pada Anniversary 2018. Hasilnya Sarawak yang berkompetisi di Malaysia Premier League (MPL) gagal promosi ke Malaysia Super League (MSL).

Persebaya juga sempat mengundang klub Malaysia, Sabah FA, pada 8 Februari 2020. Sabah sendiri saat itu baru saja promosi dari MPL ke MSL.

 

4 dari 4 halaman

Persibo Berikutnya?

Berbagai cerita soal tuah uji coba Persebaya itu semakin luas terdengar. Bukan tidak mungkin, Persibo akan jadi klub berikutnya yang ikut berlaga di Liga 1.

“Pasti menarik karena Bonek dan Boromania bisa saling adu kreatif saat pertandingan antara Persebaya dengan Persibo. Mudah-mudahan persibo juga sama bisa naik ke Liga 1 setelah pertandingan anniversary ini,” ucap Ade Suhendra.

Persibo  menjalani musim yang luar biasa dengan menjuarai Liga 3 Jatim 2023/2024. Prestasi itu membawa mereka lolos ke Liga 3 Nasional 2023/2024, bahkan mampu masuk ke partai final. 

Sayangnya, Persibo gagal juara setelah menelan kekalah 2-3 dari Adhiyaksa Farmel dalam partai final pada 7 Juni 2024 lalu.

Persibo pun menambah banyak daftar klub Liga 2 yang berbasis di Jawa Timur. Sebelumnya, sudah ada Deltras FC, Gresik United, dan Persela Lamongan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer