Sukses


Berkaca Kesuksesan Indonesia sebagai Tuan Rumah, Piala AFF 2024 Resmi Gunakan VAR!

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengumumkan secara resmi rencana penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk sejumlah turnamen yang bakal bergulir.

Keputusan AFF ini diambil setelah suksesnya penggunaan VAR pada Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung di Solo. Kejuaraan tersebut menjadi turnamen pertama di bawah naungan AFF yang menerapkan teknologi VAR.

Rencananya, AFF akan secara bertahap memperkenalkan VAR di kompetisi lainnya yang dimulai dengan kejuaraan Piala AFF U-19 2024 yang bakal bergulir di Surabaya pada 17 hingga 29 Juni 2024.

Selain itu, teknologi yang sama juga akan digunakan pada kejuaraan Piala AFF Antarklub 2024/2025 pada tanggal 21 Agustus 2024 hingga 21 Mei 2024, serta Piala AFF 2024 yang akan bergulir pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Lebih Berkualitas

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, mengatakan, keputusan untuk menerapkan VAR ini sejalan dengan perkembangan teknologi sepak bola. Di kompetisi-kompetisi elite, VAR jadi salah satu elemen yang penting.

Khiev Sameth berharap, penerapan VAR dalam berbagai kejuaraan yang diselenggarakan AFF akan meningkatkan mutu pertandingan dan memperbaiki level kompetisi sepak bola di regional Asia Tenggara.

“AFF percaya bahwa VAR mengubah sepak bola dan menjadi salah satu elemen terpenting yang akan meningkatkan kompetisi kita ke level yang lebih tinggi,” kata Khiev Sameth melalui keterangan resmi, Kamis (4/7/2024).

3 dari 5 halaman

Solo Jadi Barometer

Lelaki yang telah menjabat sebagai Presiden AFF sejak 2019 itu menjelaskan, rencana penggunaan VAR ini mengacu kepada kesuksesan penerapan teknologi tersebut di Piala AFF U-16 2024.

Di ajang ini, VAR memang mulai digunakan sejak fase gugur. Wasit-wasit yang bertugas di laga-laga semifinal, perebutan peringkat ketiga, hingga final, telah didukung langsung oleh teknologi tersebut.

“Pengadopsian teknologi ini pada Piala AFF U-16 2024 di Solo, Indonesia, sejalan dengan upaya terencana dan berkelanjutan AFF untuk meningkatkan kompetisi kami,” kata lelaki asal Kamboja tersebut.

“Termasuk memberikan dukungan terbaik bagi wasit agar mereka dapat melakukan tindakan yang akurat, konsisten, dan mengambil keputusan yang terinformasi,” imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Tuan Rumah yang Baik

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa penggunaan VAR di Piala AFF U-16 2024 ini merupakan bentuk kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik. Pengalaman menggelar Piala Dunia U-17 2024 jadi alasan utama.

“Sebagai tuan rumah, kita juga ingin naik kelas. Kita memang mengharapkan bagaimanapun kita ada uji coba VAR. Kemarin di fase championship series sudah diterapkan. Nanti liga ke depan juga akan pakai VAR,” ujar Erick

“Supaya kita sebagai tuan rumah tingkatnya lebih naik. Kan kita sudah pernah bikin Piala Dunia U-17 2023. Masa turun lagi kelasnya? Penggunaan VAR ini diajukan bersama-sama antara AFF dan PSSI,” lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer