Sukses


Fenomena Banjirnya Kiper Asing di Liga 1 2024/2024: Sudah Ada Enam Nama, Dua Wajah Baru Layak Ditunggu Kiprahnya

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang asing tampaknya bakal meramaikan persaingan kompetisi Liga 1 musim 2024/2025. Bukan tak mungkin, kompetisi kali ini akan menjadi musim yang paling banyak melibatkan aksi kiper impor.

Sejauh ini, sudah ada enam nama penjaga gawang asing yang telah resmi memperkuat klub peserta Liga 1 2024/2025. Nama-nama ini bakal meneruskan jejak kiper impor yang sudah sejak lama meramaikan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Di masa lampau, Persija Jakarta pernah menggunakan jasa penjaga gawang asing, yakni Mbeng Jean (Kamerun) dan Evgeny Khmaruk Moldova). Sementara itu, Persib Bandung pernah merekrut eks kiper Timnas Thailand, Kosin Hathairattanakool.

Itu belum termasuk nama-nama yang juga melegenda di Indonesia seperti mantan kiper Persebaya Surabaya, Zeng Cheng, hingga Dennis Romanov yang pernah bermain untuk Cenderawasih Papua, Arema Indonesia, Pro Duta, hingga Pelita Bandung Raya.

Bukan tidak mungkin, masih ada lagi penjaga gawang asing yang bakal datang ke Liga 1 musim depan. Sebab, regulasi penggunaan pemain impor telah diperlonggar sehingga setiap klub bisa mendaftarkan delapan amunisi asing.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Diramaikan Enam Kiper Asing

Sejauh ini, setidaknya ada enam kiper asing yang bakal beraksi di Liga 1 2024/2025. Persib Bandung, misalnya, telah resmi mempertahankan penjaga gawang Timnas Filipina, Kevin Ray Mendoza.

Dewa United juga melanjutkan kerja sama dengan Sonny Stevens. Sedangkan gawang Bali United akan kembali dijaga oleh Adilson Maringa. Adapun Arema FC kembali melanjutkan tren penggunaan kiper asing.

Setelah pada musim lalu diperkuat kiper berpaspor Filipina, Julian Schwarzer, skuad Singo Edan berhasil membajak penjaga gawang asal Brasil yang memperkuat Madura United, yakni Lucas Frigeri.

Selain wajah-wajah lama yang disebut di atas, ada dua nama baru yang layak dinantikan kiprahnya. Mereka adalah kiper anyar Persik Kediri, Leo Navacchio, hingga amunisi baru PSS Sleman, Alan Bernardon.

 

3 dari 5 halaman

Paling Istimewa

Jika mengacu performa musim lalu, kiper asing memang punya performa yang cukup oke. Adilson Maringa, misalnya, menjadi andalan penting Bali United dari fase reguler hingga championship series.

Dia sukses mengukir jumlah cleansheet terbanyak di antara kiper asing lainnya. Dari total 37 pertandingan, kiper asal Portugal itu berhasil mendapatkan 10 kali nirbobol. Jumlah ini memang kalah dari dua kiper lokal.

Catatan nirbobol terbanyak diukir oleh Nadeo Argawinata (Borneo FC) dengan 13 cleansheet dari 24 laga, serta Reza Pratama (PSM Makassar) yang mendapatkan 11 cleansheet dari 29 laga.

 

4 dari 5 halaman

Masih Mungkin Bertambah

Daftar enam kiper yang telah resmi meramaikan Liga 1 2024/2025 ini memang belum final. Pasalnya, masih ada beberapa penjaga gawang asing yang tampaknya bakal segera berlabuh bersama klub Indonesia.

Salah satunya yakni Wagner Augusto Guimaraes dos Santos. Penjaga gawang asal Brasil yang akrab disapa Dida itu dirumorkan bakal bergabung bersama Madura United yang baru saja kehilangan Lucas Frigeri.

Saat ini, kiper berusia 26 tahun itu berstatus menganggur karena tanpa klub. Dia terakhir kali bermain bersama klub Liga Portugal, FC Estrella. Layak dinantikan apakah Dida bakal menjadi pilihan akhir Laskar Sappe Kerrab untuk musim depan.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Kiper Asing Liga 1 2024/2025

  • Arema FC: Lucas Frigeri
  • Bali United: Adilson Maringa
  • Dewa United: Sonny Stevens
  • Persib Bandung: Kevin Ray Mendoza
  • Persik Kediri: Leo Navacchio
  • PSS Sleman: Alan Bernardon

*Daftar masih bisa bertambah seiring kedatangan pemain-pemain baru yang akan diumumkan oleh pihak klub.

Video Populer

Foto Populer