Sukses


Raheem Sterling, Bertahan atau Hengkang dari Liverpool?

Bola.com, Liverpool - Raheem Sterling, gelandang sayap berusia 20 tahun, sebetulnya masih punya sisa kontrak selama dua tahun lagi di Liverpool. Namun pemain yang belakangan ini juga bisa difungsikan sebagai striker ini menunjukkan keinginannya untuk hengkang dari Anfield.

Pihak Liverpool sudah melakukan negosiasi sejak Oktober tahun lalu dan terakhir menyodorkan kontrak dan gaji baru sebesar 100 ribu Poundsterling (sekitar Rp 2 miliar) per pekan. Namun Sterling belum mau membubuhkan tanda tangan. Padahal nilai kontrak baru itu jauh di atas gajinya sekarang yang hanya berkisar di angka 35 ribu Poundsterling per pekan.

Ada sejumlah alasan yang membuat Sterling menolak kontrak tersebut. Pertama, Liverpool gagal mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.
Alasan lain, Sterling menganggap pihak klub tak bisa melindungi dirinya dari kritikan media di Inggris yang terkenal nyinyir. Lantaran menolak kontrak baru, Sterling dicap sebagai pemain yang mata duitan.

Tanda tanya soal nasib Sterling ini dimanfaatkan sejumlah klub pesaing untuk menggodanya. Manchester City dan Arsenal disebut-sebut sebagai klub yang berminat pada pemain berdarah Jamaika itu. Namun manajer Liverpool, Brendan Rodgers, sudah menyebut bahwa Sterling tak akan dilepas.

“Sterling tak akan pergi kemana-mana di musim panas nanti. Bahkan seandainya tak ada kesepakatan baru yang terjadi, ia akan tetap di Liverpool,” tegas Rodgers seperti dikutip BBC.

Dua pemain legenda Liverpool pun sudah angkat bicara soal tarik ulur kontrak Sterling dengan klub. Legenda pertama adalah Steven Gerrard yang bakal pergi ke klub AS, LA Galaxy, setelah musim ini berakhir.

“Sterling harus bertahan di Liverpool sekarang. Rodgers adalah manajer yang fantastis. Dia bisa memberikan banyak waktu dan membuat pemain berkembang dengan bagus,” kata Gerrard.

Kapten yang menghabiskan 17 tahun karirnya di Liverpool ini menyarankan Sterling untuk bersabar jika memang ingin pindah.

“Dia sebaiknya bersabar. Keinginan pemain muda untuk mengejar semuanya dalam waktu yang singkat bisa menjadi hal yang membahayakan karir. Mereka pindah ke klub lain dan pada akhirnya mereka tak menjadi apapun,” ucap Gerrard.

2 dari 2 halaman

2

Jamie Carragher menjadi orang Liverpool yang juga berkomentar soal Sterling. Beda dengan Gerrard, Carra yang kini telah pensiun dan menjadi komentator TV ini melontarkan kritik pedas buat Sterling.

“Sebaiknya Sterling tutup mulut dan membuktikan kemampuannya saja. Buat pemain berusia 20 tahun yang belum memberikan gelar apapun, sikap Sterling sekarang sungguh menyedihkan. Ia harus mengganti agennya karena memberikan pengaruh buruk,” ujar eks bek Liverpool dengan rekor 737 penampilan ini.

Carra kelihatan kesal dengan sikap Sterling yang terkesan jual mahal pada klub. Eks bek yang tak pernah pindah ke klub lain ini mempertanyakan kontribusi Sterling di partai besar.

"Seorang pemain akan menjadi besar kalau ia memberikan kontribusi d pertandingan besar. Kemana Sterling ketika Liverpool kalah dari Aston Villa di semifinal Piala FA?" ujar Carra.

Rumor soal kepergian Sterling sudah berhembus kencang sekarang. Namun kepastian soal hal ini kemungkinan akan jelas pada akhir pekan, sebelum Liverpool melakoni laga lawan Stoke City (24/5). Jika kesepakatan tak tercapai, besar kemungkinan Liverpool akan menjual Sterling, ketimbang mempertahankannya dengan resiko nilai yang semakin turun atau bahkan lepas dengan status bebas transfer.

Jika terpaksa dijual Liverpool, harga Sterling diperkirakan mencapai 50 juta Poundsterling (sekitar Rp 900 miliar). Sejumlah klub besar seperti Manchester City, Arsenal, Bayern Muenchen, hingga Real Madrid adalah klub yang dikabarkan siap membeli Sterling jika kesepakatan dengan Liverpool menemui jalan buntu. Menarik untuk ditunggu, klub manakah yang berhasil menarik Sterling dan mengeluarkan fulus sebesar itu.

Baca Juga:

Ini Tim Terbaik Liverpool Versi Steven Gerrard

Delapan Momen Spesial Gerrard Bersama Liverpool

Liverpool Incar Vidal untuk Gantikan Peran Gerrrard

 

Video Populer

Foto Populer