Sukses


6 Pemain Amerika Selatan yang Terpuruk Setelah Gabung MU

Bola.com, Jakarta - Karier pemain Argentina, Angel Di Maria, di Manchester United dikabarkan segera berakhir setelah isu kepindahannya ke Paris Saint Germain berembus kencang.

Berstatus pemain termahal di Liga Premier Inggris, Di Maria memang kesulitan tampil mengesankan bersama United. Dia juga harus rela kehilangan tempat di skuat utama. Manajer United, Louis Van Gaal lebih sering menempatkan mantan pemain andalan Real Madrid tersebut di bangku cadangan. Kondisi itu dikabarkan membuat di Maria memikirkan hijrah ke klub lain. Nama PSG paling santer disebut sebagai calon pelabuhan barunya.

Manchester United dikenal punya catatan yang kurang manis dengan pemain-pemain asal Amerika Selatan. Memang ada beberapa pemain yang sempat jadi pujaan fans, seperti Gabriel Heinze dan Carlos Tevez. Namun, sebagian besar lainnya sulit bersinar di Old Trafford meski datang dengan modal meyakinkan, salah satunya Di Maria. Inilah enam pemain Amerika Selatan lain yang gagal menunjukkan tajinya bersama Red Devils.

1. Radamel Falcao
Pemain Kolombia ini datang ke Old Trafford berstatus pinjaman dari Monaco pada 1 September 2014, dengan gaji fantastis 265.000 poundsterling atau setara Rp 5,5 miliar per pekan. Fans Setan Merah menaruh ekspektasi tinggi karena saat membela Monaco, Falcao dikenal sebagai striker subur dengan catatan 11 gol dalam 20 laga.

Namun, performanya ternyata jauh panggang dari api. Alih-alih menjadi tukang gedor menakutkan, Falcao malah jadi titik lemah di barisan depan United. Hingga akhir musim, pria yang dulu berambut gondrong ini hanya mampu mencetak empat gol. Hubungannya dengan pelatih United, Louis van Gaal juga tidak mulus.

Relasi keduanya mencapai titik terendah saat Falcao dimainkan memperkuat tim United U-21 saat ditahan imbang Tottenham Hotspur 1-1 pada 10 Maret 2015. Perjalanan Falcao bersama Setan Merah berakhir setelah dia dipinjamkan ke klub London Barat, Chelsea. Radamel Falcao

2. Anderson
Masa-masa awal pemain Brasil ini di Old Trafford sebenarnya berjalan indah. Gelandang yang digaet dari Porto dengan mahar 20 juta poundsterling pada 2007 ini, ikut menjadi bagian tim yang mengawinkan trofi Liga Premier dan Liga Champions pada musim 2008/2009. Namun kepergian pelatih legendaris United, Sir Alex Ferguson, berimbas besar terhadap performa Anderson. Bulan madu Anderson dan United ikutan berakhir. Apalagi Ferguson dikenal sebagai pelatih yang mampu menyulap pemain berkemampuan biasa menjadi “spesial” untuk tim.

Kurva penampilan Anderson langsung menukik seiring kepergian Ferguson. Dia gagal membuat David Moyes, manajer penganti Ferguson, terkesan. Selama paruh pertama musim 2013/2014 hanya dimainkan 18 kali. Manajemen United akhirnya meminjamkannya ke Fiorentina pada 18 Januari 2014. Anderson (AFP)

3. Diego Forlan
Apa yang diingat fans Manchester United dari Forlan? Apalagi kalau bukan gol pentingnya ke gawang Liverpool di Liga Premier dan kontra Rangers di kancah Liga Champions. Namun, secara keseluruhan karier pemain asal Uruguay ini bersama Setan Merah bisa dibilang gagal total.

Sejak dipinang dari Independiente pada Januari 2002 dengan banderol 6,9 juta poundsterling, Forlan gagal unjuk gigi. Dia bahkan gagal mencetak sebiji gol pun dalam 27 pertandingan pertama bersama Setan Merah. Catatan yang buruk untuk pemain yang dua kali menyandang predikat pemain tersubur di Eropa dan memenangi Bola Emas sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Total, selama berkostum United, Forlan hanya menyumbangkan 17 gol dalam 95 laga. 

Diego Forlan (Standard) 4. Fabio Da Silva
Kegagalan saudara kembar Rafael da Silva ini bersinar di Old Trafford tak lepas dari sosok Patrice Evra. Tak seperti Rafael yang mulus masuk tim utama, Fabio gagal menggeser dominasi Evra di sektor bek kiri. Sejak didatangkan dari Fluminense pada 2007, dia lebih sering menghangatkan bangku cadangan.

Tanda-tanda berakhirnya kariernya di United muncul pada April 2012. Saat itu Sir Alex Ferguson menyebut kemungkinan meminjamkan Fabio karena United tak menjamin bisa memberikan tempat di tim utama. Pada akhir musim Fabio dipinjamkan ke Queens Park Rangers. Namun di sana Fabio juga gagal tampil mengesankan, sehingga kemudian dijual ke Cardif City. Bek MU, Fabio Da SIlva (atas) berduel dengan bek Birmingham City Gregory Vignal di laga lanjutan EPL d i Old Trafford, 16 Agustus 2009. AFP PHOTO / ANDREW YATES

5. Kleberson
Kleberson menginjakkan kaki di markas Manchester United dengan status mentereng, yaitu sebagai bagian Timnas Brasil yang memenangi Piala Dunia 2002. United bahkan harus bersaing dengan Barcelona, Newcastle United, Leeds United, dan Chelsea untuk memenangi tanda tangan sang pemain pada Agustus 2003 dengan banderol 6,5 juta poundsterling.

Hanya, cedera mengganggu performa sang gelandang tengah. Masa jayanya bersama Timnas Brasil tak berlanjut di Manchester. Kleberson hanya tampil 20 kali dan menyumbangkan dua gol, hingga akhirnya dilego ke Besiktas pada Agustus 2005. Kleberson

6. Juan Sebastian Veron
Bicara pemain yang paling gagal bersinar bersama Manchester United, fans bakal dengan mudah menunjuk sosok Juan Sebastian Veron. Impian tinggi melihat Veron mengorkestrai lini tengah United berakhir dengan mengecewakan.

Veron digaet dari Lazio pada musim panas 2001 dengan harga 28,1 juta poundsterling untuk memperkuat amunisi United di kancah Liga Champions serta menambah tenaga dalam pacuan di liga domestik melawan Arsenal. Tetapi, Veron gagal beradaptasi dengan kecepatan Liga Premier Inggris. Kebiasaan Veron mengusai bola cukup lama untuk mengatur permainan justru mengganggu irama permainan United. Kariernya di Old Trafford juga terganggu beragam cedera yang menghampirinya.

United memang memenangi Liga Champions pada musim kedua Veron di Old Trafford, namun trofi Liga Champions yang diidamkan tak kunjung datang lagi. Tak heran, saat Chelsea menyodorkan tawaran senilai 15 juta poundsterling, United tanpa berpikir panjang langsung melepas Veron ke Stamford Bridge.

Juan Sebastian Veron

Setelah Di Maria dikabarkan sedang menuju pintu keluar Old Trafford, MU kembali menggaet seorang pemain asal Amerika Selatan. Kali ini yang diboyong Sergio Romero, kiper asal Argentina. Kira-kira bakal seperti apa karier Romero di Setan Merah? Bakal terpuruk juga atau malah bisa mengambil hati publik Old Trafford? 

Baca Juga :

Sepakati Harga, Angel Di Maria Resmi Jadi Milik PSG Pekan Ini?

Van Gaal Pastikan Transfer Kejutan MU Bukan Penyerang

Falcao Ingin Berguna di Chelsea

Video Populer

Foto Populer