Sukses


Dick Advocaat Tinggalkan Sunderland yang Tengah Terpuruk

Bola.com, Sunderland - Rentetan hasil minor yang diterima Sunderland membuat Dick Advocaat memutuskan meletakkan jabatannya sebagai manajer. Pelatih asal Belanda itu meninggalkan Sunderland yang saat ini terdampar di peringkat 19 klasemen sementara Premier League.

Advocaat mulai melatih Sunderland pada 17 Maret 2014 menggantikan Gus Poyet yang dipecat. Dia mendapatkan kontrak hingga akhir musim 2014-2015 dan ditargetkan manajemen klub untuk menyelamatkan Sunderland dari zona degradasi.

Mantan arsitek PSV Eindhoven itu mampu memenuhi target tersebut. Advocaat berhasil membawa The Black Cats menyudahi musim lalu di peringkat 16 klasemen akhir Premier League dengan nilai 38.

Berkat keberhasilannya itu, Dick Advocaat mendapatkan perpanjang kontrak satu musim. Meski awalnya sempat menolak karena ingin pensiun dari dunia pelatih, Advocaat tetap menandatangani kontrak tersebut.

Untuk menambah kekuatan pasukannya, manajemen Sunderland menggelontorkan dana segar agar Advocaat bisa membeli pemain baru. Sejumlah nama sukses didaratkan ke Stadium of Light, seperti Sebastian Coates, Jeremain Lens, hingga Fabio Borini.

Akan tetapi, Advocaat gagal mengulangi catatan bagusnya di musim lalu. Dari delapan pertandingan yang sudah dijalani di musim ini, Sunderland hanya meraih tiga hasil imbang, menelan tiga kekalahan, dan belum pernah menang.

Teranyar, Sunderland ditahan imbang 2-2 saat menjamu West Ham United di Stadium of Light, Sabtu (3/10/2015) malam WIB. Sempat unggul 2-0 berkat gol Steven Fletcher (10') dan Jermain Lens (22'), The Black Cats gagal mendulang tiga angka setelah Carl Jenkinson (45') serta Dimitri Payet (60') membawa West Ham menyamakan angka.

Hasil tersebut, membuat Sunderland kini berada di peringkat 19 dengan baru mengoleksi tiga poin. Mereka tertinggal lima angka dari West Bromwich Albion yang berada di posisi 17 atau batas terakhir selamat dari degradasi.

Gagal mendongkrak performa Sunderland, pria 68 tahun tersebut memutuskan untuk mundur sebagai manajer. Advocaat mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang didapatnya selama melatih Sunderland.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah berdiri di belakang saya. Ini adalah klub yang sangat istimewa, dengan begitu banyak orang-orang hebat, tapi saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk mundur, bukan untuk saya tapi bagi klub," ujar Advocaat di situs resmi klub.

"Saya membuat keputusan pergi setelah delapan pertandingan, karena saya merasa penting memberikan kesempatan kepada orang lain untuk melakukannya. Seperti yang kami lakukan tahun lalu. Saya berterima kasih kepada Chairman Sunderland Ellis Short untuk memahami perasaan saya, dan saya tetap berhubungan baik dengan semua orang di klub."

Dick Advocaat adalah pelatih pertama yang meletakkan jabatannya sebagai manajer di Premier League musim ini. Sementara Sunderland, belum memutuskan siapa yang akan menggantikan peran Advocaat.

Sumber: Sunderland

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Baca Juga: 

Tenggelam di MU, Zenit Siap Selamatkan Karier Marcos Rojo

Anthony Martial Bikin Lini Depan MU Kian Tajam

5 Cara Arsenal untuk Menghentikan Martial

 

Video Populer

Foto Populer