Sukses


Superstar: Petr Cech, Sosok Vital di Bawah Mistar Arsenal

Bola.com, London - Kiper Arsenal, Petr Cech, tampil gemilang saat The Gunners menang 2-0 atas AFC Bournemouth, pada laga lanjutan Premier League, di Emirates Stadium, Selasa (29/12/2015). Hasil itu pun semakin membuktikan peran vital kiper asal Ceska tersebut di bawah mistar gawang Arsenal. 

Maklum, seusai pertandingan, Cech berhasil mencatatkan rekor clean sheet selama 170 pertandingan di ajang Premier League. Mantan kiper Chelsea itu berhasil mengalahkan catatan 169 laga tanpa kebobolan milik David James.

"Tidak setiap hari Anda memecahkan rekor di liga terbaik dunia. Saya harus mengatakan sempat merasakan kebanggaan  luar biasa pada akhir laga," ucap Cech seperti dilansir Arsenal Player.

Cech bergabung dengan Arsenal dari Chelsea pada musim 2014-15 hanya dengan banderol sebesar 10 juta pounds. Awalnya, beberapa suporter The Gunners sempat mengkritik langkah manajer Arsene Wenger merekrut kiper yang sudah berusia 33 tahun tersebut dari klub rival. 

Namun, Cech berhasil menjawab kritik tersebut. Wenger pun mengaku senang performa Cech di bawah mistar gawang mampu membantu timnya yang saat ini sukses memuncaki klasemen sementara Premier League. 

"Saya sudah mengatakan kiper adalah posisi paling tak dianggap dalam sepak bola. Ketika Anda melihat catatan Petr, dia sangat fantastis. Saya kaget dia bisa cepat beradaptasi dengan tim. Sepertinya dia sudah bergabung dalam waktu lama," tambah Wenger.

Cedera Parah

Masa-masa keemasan Cech memang harus diraih melalui berbagai jalan terjal. Usai membela timnas Republik Ceska pada Piala Dunia 2006, dia langsung naik meja operasi guna menyembuhkan cedera bahunya.

Beruntung Cech bisa sembuh dengan cepat. Akan tetapi, ia kembali mengalami cedera saat memperkuat Chelsea pada laga melawan Reading di Stadion Madejski, 14 Oktober 2006. Saat itu, dia bertabrakan dengan gelandang Stephen Hunt pada menit-menit awal pertandingan. 

Petr Cech (saat masih membela Chelsea) mendapat perawatan medis setelah bertabrakan dengan gelandang Reading, Stephen Hunt, 14 Oktober 2006. (Daily Mail)

Seusai pertandingan, manajer Chelsea kala itu, Jose Mourinho pun meluapkan kekesalannya kepada Hunt. Dia bahkan menyebut tindakan Hunt sebagai tindakan yang memalukan. Tak hanya Hunt yang kena sempro Mou, wasit Mike Riley dan Ambulans NHS Trust juga kena getahnya. 

"Penjaga gawang bisa meninggal di ruang ganti pemain atau saat dibawa ke rumah sakit jika diperlakukan seperti itu. Kejadian ini harusnya membuat sepak bola Inggris berpikir," ucap Mourinho kepada Guardian.

Berdasar keterangan tim dokter, Cech didiagnosa mengalami retak tulang depresi yang bisa saja membuatnya meninggal. Akibat cedera tersebut, Cech pun harus absen selama tiga bulan.

"Saya kian sembuh setiap harinya dan senang bisa bertemu teman-teman di Chelsea. Saya bahkan tidak ingat insiden tersebut. Saya hanya mengingat John Terry yang kalah dalam tos-tosan pemilihan gawang. Kala itu saya harus berlari ke sisi lain lapangan dan itu memori terakhir saya," ungkap Cech. 

Sebelum berkarier bersama Arsenal, Cech membela Chelsea selama 11 musim (2004-2011). Bersama skuat The Blues, mantan kiper Rennes itu mempersembahkan 14 gelar, termasuk di antaranya satu trofi Liga Champions pada musim 2011-12. 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

  • Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal
    Petr Cech adalah pemain sepak bola Profesional asal Republik Ceko yang sekarang membela Arsenal

    Petr Cech

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Premier League

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer