Sukses


Riset: Harga Eden Hazard Lebih Mahal dari Cristiano Ronaldo

Bola.com, London - Badan penelitian Swiss, CIES Football Observatory, mengungkapkan hasil riset mengejutkan. Gelandang Chelsea, Eden Hazard, sukses menggeser posisi Cristiano Ronaldo dari daftar pemain dengan nilai termahal di dunia.

CIES Football Observatory melakukan riset menggunakan algoritma untuk menentukan harga pasaran seorang pesepak bola. Hal itu dilakukan terhadap 1.500 proses trasnfer yang terjadi dalam lima tahun terakhir.

Riset tersebut mengungkapkan jika Cristiano Ronaldo turun ke posisi empat di daftar pemain dengan nilai transfer termahal di dunia yakni 114 juta euro atau sekitar Rp 1,7 triliun. Sedangkan, posisi pemain dengan transfer termahal masih dipegang oleh Lionel Messi dengan 250 juta euro atau sekitar Rp 3,7 triliun.

Setelah Messi, ada nama bintang lain Barcelona, Neymar dengan 152,7 juta euro atau sekitar Rp 2,2 triliun. Lalu ada Eden Hazard dengan 130 juta euro atau sekitar Rp 1,9 triliun.

Penurunan harga transfer Ronaldo diyakini akibat sang mega bintang sudah memasuki usia 30 tahun. Dalam riset tersebut, hanya terdapat dua pemain yang berada pada usia kepala 3 yakni Ronaldo dan Santi Cazorla (31 tahun).

Sementara itu, kenaikan nilai transfer Hazard sudah diprediksi jauh hari berkat penampilan apik sejak bergabung dengan Chelsea. Padahal, musim ini pemain asal Belgia itu mengalami penurunan performa.

Hazard belum mencetak gol dalam 19 pertandingan Premier League 2015-16. Hazard juga hanya mampu mencetak tiga assist bersama The Blues.

Sementara itu, pemain termahal di dunia, Gareth Bale, berada di urutan 17. Pemain asal Wales itu memiliki nilai pasaran 60,1 juta euro atau sekitar Rp 889 miliar.

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer