Sukses


Prediksi Man City vs Tottenham: Kreasi Sergio Aguero-Dele Alli

Bola.com, Manchester - Manchester City dan Tottenham Hotspur bertemu dalam lanjutan Premier League 2015-2016, di Etihad Stadium, Minggu (14/2/2016) malam WIB, dengan kondisi internal berbeda 180 derajad. Namun ada kesamaan, yakni pesona Sergio Aguero dan Dele Alli, yang konsisten sepanjang musim ini.

The Citizens, julukan Manchester City, bersua tim tamu dalam kondisi kurang ideal. Kekalahan telak dari Leicester City dengan skor 1-3, pekan lalu, memberi tamparan keras. Status mereka sebagai kandidat jawara akhir musim, menjadi tercoreng.

Suasana berbeda justru sedang melingkupi Tottenham Hotspur. Pelan namun pasti, mereka merangsek ke papan atas, dan kini sudah bertengger di posisi runner-up, berselisih lima angka dari sang pemuncak,LeicesterCity.

Kondisi bahagia itulah yang dibawa Hotspur ke Manchester. Seperti dirilis situs resmi klub, Manajer Mauricio Pochettino menegaskan, timnya siap memberi kejutan berbeda di markas Manchester City. Ia mengaku tak ingin mengubah karakter bermain anak asuhnya.

"Setiap pertandingan memiliki kans berbeda, dan saya tak ingin menggunakan kesempatan itu untuk mengubah gaya bermain. Kami sudah banyak belajar, dan para pemainku terus menunjukkan peningkatan level permainan," tegas Pochettino.

Ia mengungkapkan, satu di antara kunci agresivitas timnya adalah deretan pemain muda yang mendapat kepercayaan. Satu di antaranya adalah gelandang Dele Alli. Pemilik nama panjang Bamidele Jermaine Alli ini menjadi magnet anyar permainan Hotspur, terutama di sisi sayap.

Kemampuan individu dan daya jelajah tinggi menjadi andalan pemain berusia 19 tahun tersebut. Meski kadang datang dari bangku cadangan, itu tak mengendurkan mental sang pemain. Apalagi sistem rotasi yang diberlakukan Pochettino sangat adil, sehingga Alli tak merasa tersisih meski di bangku cadangan.

Seperti pekan lalu, saat menang atas Watford, Alli masuk di babak kedua. Hebatnya, permainan pesepakbola kelahiran 11 April tetap konsisten. Itulah yang membuatnya bisa menorehkan 6 gol dan lima assist sepanjang musim ini.

Pochettino tak ragu untuk memuji armada timnas Inggris tersebut. "Saya pikir pergerakannya eksplosif, dan itu akan menguatkan lini tengah kami menghadapi sistem pertahanan Man City. Alli punya potensi, dan perjalanan kariernya masih sangat jauh. Dia hanya harus berkonsentrasi di level tertinggi dalam 90 menit," beber sang arsitek.

Dele Alli, seperti dilansir Football.co.uk, berharap dirinya mendapat kesempatan beraksi untuk mempertontonkan sumbangsih di lapangan bagi The Spurs. Jika melihat performa, Alli akan menjadi andalan di lini tengah, terutama sektor sayap. Keberadaannya semakin berbahaya jika ada Christian Eriksen dan Erik Lamela, dua gelandang serang milik pasukan dari White Hart Lane.

Bagi kubu tuan rumah, kondisi tim tamu membuat mereka wajib meningkatkan level permainan. Sayang, faktor motivasi ditengarai menjadi kendala. Beberapa media di Inggris menyebut, Yaya Toure dkk mengerahkan konsentrasi di Liga Champions.

Namun bomber Manchester City, Sergio Aguero membantah anggapan menyepelekan Premiership 2015-2016. Rival sekota Manchester United tersebut memang punya kesempatan untuk melaju ke delapan besar Liga Champions. Latarnya, pada fase 16 Besar, mereka 'hanya' bersua Dynamo Kiev.

"Semua sudah kembali normal di latihan. Tim sempat tak percaya bisa takluk di rumah sendiri dari Leicester City. Sekarang, kami akan membayar utang tiga angka dengan menekuk tim berbahaya, Tottenham Hotspur," jelas Aguero.

Ucapan striker berusia 27 tahun tersebut menyiratkan spirit tuan rumah untuk segera bangkit, dan ikut mengejar poin Leicester City. Bagi Aguero, laga kontra Hotspur menjadi spesial. Ia sudah mencetak 10 gol dalam delapan pertemuan di Premier League kontra Tottenham Hotspur.

Tak hanya itu, saat ini Aguero menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak berlatar arah tembakan berasal dari luar kotak penalti, yakni 4 gol. Belum lagi ditambah tujuh tembakan yang mengenai tiang gawang.

Saat ini, Aguero memiliki rata-rata 108,2 menit untuk menciptakan satu gol. Dia menjadi yang terbaik dalam sejarah Premier League. Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini menganggap, lini depan sebenarnya tak memiliki masalah besar dilihat dari kualitas persona.

Kondisi kurang sempurna justru datang dari lini kedua. Deretan gelandang Manchester Biru seperti mati kutu dalam beberapa pertandingan terakhir, terutama saat takluk di tangan Leicester City. Yaya Toure dkk seperti kehilangan arah permainan, sehingga Aguero seolah bekerja sendiri. Saat menjamu Hotspur, Pellegrini berencana memasang Aguero-Iheanacho sebagai duet penggempur.

Situs Manchester Evening News (MEN) menilai, uji coba tersebut justru lebih bagus ketimbang memaksakan Aguero bekerja sendiri di lini depan.

Tak heran, titik konsentrasi Pellegrini terletak pada menemukan komposisi terbaik di area tengah. Utak-atik paling rasional terjadi di sisi sayap. Pasalnya, Yaya Toure dan Fernandinho sepertinya tak tergoyahkan di sisi gelandang jangkar.

Di tengah kondisi kurang bagus, secara tradisi Manchester City semakin tak menguntungkan. Bukti terpapar, sepanjang musim ini, mereka belum pernah menaklukkan tim yang berada di zona enam besar klasemen sementara. Catatan negatif tersebut berupa 3 seri dan 4 kalah.

Sisi positifnya, dalam 10 pertemuan terakhir, Manchester City delapan kali menekuk Spurs, dan hanya dua kalah. Bahkan, lima kemenangan terakhir terjadi saat laga berlangsung di Etihad Stadium.

Prakiraan pemain
Manchester City (4-4-2): Hart, Clichy, Demichelis, Otamendi, Sagna, Kolarov, Fernandinho, Touré, Sterling, Agüero, Iheanacho

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris, Davies, Wimmer, Alderweireld, Trippier, Dembélé, Dier, Eriksen, Alli, Lamela, Kane

Head to Head
26/9/2015 - Tottenham 4-1 Manchester City (Premier League)
3/5/2015 - Tottenham 0-1 Manchester City (Premier League)
18/10/2014 - Manchester City 4-1 Tottenham (Premier League)
29/1/2014 - Tottenham 1-5 Manchester City (Premier League)
24/11/2013 - Manchester City 6-0 Tottenham (Premier League)
21/4/2013 - Tottenham 3-1 Manchester City (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Manchester City
24/1/2016 - West Ham United 2-2 Manchester City (Premier League)
28/1/2016 - Manchester City 3-1 Everton (Piala Liga Inggris)
30/1/2016 - Aston Villa 0-4 Manchester City (Piala FA)
3/2/2016 - Sunderland 0-1 Manchester City (Premier League)
6/2/2016 - Manchester City 1-3 Leicester City (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
21/1/2016 - Leicester City 0-2 Tottenham Hotspur (Piala FA)
23/1/2016 - Crystal Palace 1-3 Tottenham Hotspur (Premier League)
30/1/2016 - Colchester United 1-4 Tottenham Hotspur (Piala FA)
3/2/2016 - Norwich City 0-3 Tottenham Hotspur (Premier League)
6/2/2016 - Tottenham Hotspur 1-0 Watford (Premier League)

Prediksi bola.com:
55 : 45

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer