Sukses


Van Gaal: Saya Pencipta Generasi Emas Baru MU

Bola.com, Manchester - Pelatih Manchester United, Louis Van Gaal, dalam beberapa pertandingan terakhir kerap menurunkan pemain muda didikan akademi MU. Pelatih berkebangsaan Belanda itu mengklaim telah menciptakan generasi emas baru MU yang tak kalah hebat dari generasi Class of 92.

 

Pada masa kepemimpinannya di MU, Sir Alex Ferguson melakukan keputusan berani dengan mempromosikan para pemain muda asli binaan akademi Setan Merah. Mereka David Beckham, Paul Scholes, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville, dan Ryan Giggs.

Tindakan Fergie awalnya sempat mendapatkan kritik dari para legenda MU. Namun, Fergie tetap bergeming. Hasilnya, MU meraih double winners pada musim 1995-96, juara Premier League dan Piala FA. Sejak itu, Class of ‘92 menjadi andalan MU.

Kini, Van Gaal mencoba mengulang prestasi gemilang Fergie. Pelatih asal Belanda itu menurunkan beberapa pemain muda dalam sejumlah laga. Hal itu tak lepas dari permasalahan badai cedera yang melanda MU. Tercatat, 13 pemain Setan Merah tak bisa diturunkan akibat cedera.

Contohnya pada laga melawan Arsenal pada akhir pekan lalu, Selain Marcus Rashford yang mencetak dua gol, ada Timothy Fosu-Mensah yang berusia 18 tahun, James Weir berusia 20 tahun, serta full back Cameron Borthwick-Jackson.

Bahkan, Borthwick-Jackson yang berusia 19 tahun, sudah memulai debutnya pada November 2015 melawan WBA. Adapun, Bek lainnya, Axel Tuanzebe (17 tahun), ada dalam 18 nama yang diturunkan melawan Crystal Palace.

"Memberikan kesempatan bagi para pemain akademi bermain adalah budaya Manchester United. Itulah alasan mengapa MU menunjuk saya sebagai pelatih. Saya berusaha menciptakan generasi baru," ungkap Louis Van Gaal.

"Anda (wartawan) bisa melihat sendiri para pemain muda selalu saja bisa memberikan semangat kepada tim. Ini adalah hal fundamental dalam filosofi permainan saya," Van Gaal menambahkan.

Padahal, Louis Van Gaal sempat mendapatkan kritik pedas karena membuang para pemain yang sudah mengenal United, bahkan lulusan akademi klub. Mereka yang dibuang adalah Rio Ferdinand, Patrice Evra, Nemanja Vidic, Bebe, Shinji Kagawa, Javier Hernandez, Luis Nani, Anderson, Tom Cleverley, Federico Macheda, Danny Welbeck, Anders Lindegaard, Darren Fletcher, dan Jonny Evans.

Sumber: The Sun

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer